Puluhan Rumah Warga Kerayan di Perbatasan RI-Malaysia Terendam Banjir

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Banjir yang cukup besar telah merendam puluhan rumah warga di perbatasan Indonesia-Malaysia, yang tersebar di beberapa Desa di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kamis (20/5/2021).

Ketinggian banjir bervariasi rata-rata mulai dari 30 sentimeter (cm) bahkan 1 meter lebih.

Dari data yang dihimpun, curah hujan dengan intensitas yang tinggi terus mengguyur Kecamatan Krayan, hal itu pun membuat debit air di hulu Sungai meningkat dan meluap.

Yasan Paren seorang warga Desa Pa’ Kaber Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan mengatakan, Sungai yang meluap saat ini berada di perbatasan sungai Krayan dan cabang atau anak sungainya juga cukup banyak.

“Ada Sungai Pa’ibang, Bulu’, Kuyur dan Sungai Bude. Itu adalah Sungai-sungai di bagian hulu yang meluap,” ujarnya.

Luapan sungai itu pun telah membuat banjir yang cukup dalam dan meluas. Akibatnya, Desa-desa disekitar aliran Sungai tersebut telah terendam banjir.

“Ketinggian air dari banjir luapan anak sungai pa’upan, terhitung ada 1 meter lebih,” ujar Yasan Paren, melalui sambungan telepon seluler, Kamis (20/5/2021).

Yasan Paren menambahkan, saat itu banjir datang pada pagi hari. Ia dan warga lainnya pun masih sempat mengeluarkan barang-barang rumah tangga ke tempat yang lebih aman dan diangkut menggunakan perahu.

“Saat ini tidak ada korban jiwa, namun sebagian barang-barang juga banyak yang tidak bisa diselamatkan dan masih terendam banjir,” tuturnya.

Saat situasi banjir seperti ini, kata Yasan, warga biasanya ada yang bertahan di rumahnya. Namun, sebagian pula ada yang memilih ke rumah saudara terdekatnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.