Home Kaltara Anggota DPRD Kaltara, Khoiruddin Sosialisasikan Pentingnya Pembangunan Ketahanan Keluarga

Anggota DPRD Kaltara, Khoiruddin Sosialisasikan Pentingnya Pembangunan Ketahanan Keluarga

by swarakaltara

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara Khoiruddin, melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Perda Nomor 09 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga, pada Senin, (14/6/2021).

Kegiatan tersebut digelar di Aula Yayasan pendidikan Sevilla Kecamatan Tulin Onsoi, Kabupaten Nunukan.

‘’Tujuan kita melakukan sosialisasi, untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuan, kepedulian serta tanggung jawab pemerintah daerah, keluarga, masyarakat dan dunia usaha dalam menciptakan mengoptimalisasi keuletan dan ketangguhan keluarga,’’ujar politisi PKS ini.

Khoiruddin menegaskan, keluarga adalah lembaga terkecil didalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lingkungan keluarga yang terdiri dari orang tua, anak, keluarga terdekat, adalah tempat berseminya kasih sayang, lingkungan tersebut berperan besar dalam membentuk sikap dan perilaku yang berdasar pada susila dan norma agama.

Lebih lanjut, Khoiruddin menjelaskan, Perda Pembangunan Ketahanan Keluarga berisi sebuah upaya komprehensif, berkesinambungan, gradual, koordinatif, dan optimal yang disusun Pemerintah Daerah sebagai optimalisasi ketangguhan keluarga untuk berkembang juga hidup harmonis.

CARA MENINGKATKAN KETAHANAN KELUARGA

Ada sejumlah cara untuk meningkatkan Ketahanan Keluarga dalam Perda 09 tahun 2018, yakni :
1. Pembangunan pendidikan secara luas kepada masyarakat dan optimalisasi fungsi keluarga. Disamping itu perhatian pada sektor ekonomi juga harus diperhatikan agar keluarga menjadi tahan dan sejahtera. Ketahanan ekonomi yang dimaksudkan adalah keluarga memiliki sumber pendapatan yang dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga.
2. Pendidikan merupakan faktor yang sangat menentukan terbentuk dan terpeliharanya ketahanan keluarga yang dilandasi oleh penghayatan yang mendalam terhadap ajaran agama.

Selain itu, ada sejumlah dampak positif bagi keluarga yang memiliki ketahanan, diantaranya :
1. Keluarga berpeluang besar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai yaitu Keluarga yang bahagia, harmonis, sejahtera, bahkan berkualitas.
2. Keluarga lebih mudah dalam menghadapi kondisi darurat.
3. Keluarga akan lebih mudah beradaptasi terhadap berbagai perubahan situasi.
4. Keluarga berkontribusi melahirkan SDM yang baik, generasi penerus bangsa yang menjadi sasaran pembangunan nasional.
5. Keluarga memiliki kesempatan besar untuk berkontribusi besar dalam membangun lingkungan sosial yang sehat dan harmonis
6. Keluarga berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Pada kesempatan tersebut, Camat Tulin Onsoi, Kristoforus Belake, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh agar masyarakat dapat memahami peran dan fungsi keluarga.

‘’Perkembangan teknologi dan era keterbukaan informasi sangat berpengaruh pada pola pembinaan dan pola asuh terhadap anak. Saya berharap seluruh tamu undangan dapat mencerna dan memahami Perda tersebut,’’katanya.

Acara sosialisasi tersebut di hadiri unsur Muspika Tulin Onsoi, Wakapolsek, Perwakilan Koramil, UPT Pendidikan, Kades Sanur, Tokoh Masyarakat, aktifis pemerhati anak, serta tamu undangan lainnya.

Reporter : Viq

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved