Wabup Jakaria Buka Kegiatan MTQ Ke-17 Tingkat Kabupaten Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 17 tingkat Kabupaten Malinau resmi dibuka oleh Wakil Bupati Malinau Jakaria, Senin (7/6/2021) di Balai Adat Tidung, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau.

Kegiatan pembukaan berlangsung terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Acara pembukaan juga dihadiri oleh Ketua LPTQ Malinau, H. Edy Marwan dan jajaran Forkopimda serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan MTQ tingkat Kabupaten ini, akan di gelar dari 7 – 11 Juni 2021 dan berpusat di Arena Balai Adat Tidung, Malinau Seberang dan tersebar di 3 tempat lainnya, yakni Aula Harmonis Kantor Kemenag Malinau, Gedung Islamiq Center dan Gedung Madrasah Ibtidaiyah Al-falah Malinau.

Diketahui, jumlah peserta lomba MTQ tingkat Kabupaten Malinau berjumlah dengan rincian, peserta tartil Al-qur’an berjumlah 32 orang, peserta Tilawah Al-qur’an semua golongan baik anak-anak, remaja serta dewasa berjumlah 37 orang.

Lalu, peserta tahfidz Al-qur’an seluruh golongan berjumlah 61 orang putra dan putri, peserta syarhil Al-qur’an berjumlah 80 putra dan putri, peserta fahmil Al-qur’an berjumlah 90 putra dan putri, sedangkan cabang lainnya hanya dilakukan dengan seleksi terbatas.

Wakil Bupati Jakaria menyampaikan, pelaksanaan MTQ ke-17 ini diharapkan dapat melahirkan generasi Qurani, yakni generasi yang cinta Al-Qur’an dengan memiliki keimanan dan ketakwaan yang kukuh.

Selain itu, diharapkan juga akan lahir qari dan qariah yang andal, serta dapat mengharumkan nama Kabupaten Malinau di tingkat provinsi hingga Internasional.

Menurutnya, MTQ ke- 17 ini seharusnya dapat menjadi momentum mempererat persatuan dan persaudaraan sebagai penyatuan komitmen membangun Kabupaten Malinau yang religius.

Jakaria juga meminta kepada Dewan Hakim agar lebih selektif dalam menjalankan tugas dan memilih para pemenangnya.

“Kita berharap Malinau kedepan juga dapat mengandalkan putra-putri daerah, agar bisa tampil pada kejuaraan MTQ tingkat selanjutnya dan mendapat juara umum,” ucap Jakaria.

Melalui kegiatan MTQ ini, katanya, kita juga dapat mendidik anak-anak muda muslim untuk lebih mencintai Al-qur’an.

Jakaria juga berharap kepada semua peserta, Dewan Hakim dan Panitia agar dapat mengikuti semua tahapan pelaksanaan MTQ ini dengan baik.

“Jadi yang juara ditingkat ini, pasti akan dikirim ke tingkat Provinsi, oleh karnanya kita harus selektif dalam menilai para juaranya,” pungkasnya.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *