Bupati Wempi Pimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja OPD

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Kabupaten Malinau menggelar rapat koordinasi evaluasi terhadap hasil rencana kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada triwulan I dan II tahun 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Tebengang, Kantor Bupati Malinau, Senin (5/7/2021). Rapat dibuka langsung oleh Bupati Malinau, Wempi W Mawa didampingi Wakil Bupati Jakaria.

Rakor juga turut dihadiri oleh para Kepala OPD, pejabat eselon 3 dan 4 serta para SKPD terkait.

Dalam kesempatannya, Bupati Wempi meminta agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat meningkatkan kinerjanya.

Menurutnya, rakor ini merupakan momen yang strategis bagi semua pihak, antara lain untuk membangun komitmen dalam rangka menciptakan keserasian antara pelaksanaan kegiatan dengan rencana kerja yang telah disusun.

Evaluasi kinerja juga diperlukan untuk akselerasi pelaksanaan program atau kegiatan pembangunan di tahun anggaran 2021-2022.

“Muara dari segala aktivitas pembangunan adalah untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat. Semoga apa yang sudah kita rencanakan di tahun ini dapat berjalan secara efektif, efisien dan terukur,” tutur Bupati.

Menurutnya, Rencana Kerja (Renja) yang disampaikan, tidak terlepas dari apa yang telah disusun dan disepakati bersama oleh Pemerintah Daerah Malinau bersama DPRD Malinau.

“Maka itulah yang menjadi acuan dalam mencapai target-target pencapaian, yang akan dikerjakan dalam triwulan 1,2,3 dan 4,” ujarnya dalam arahan kepada para Kepala OPD.

Predikat yang telah disampaikan, ucap Wempi, sebagian besar kinerja dari para OPD mendapat nilai SR (Sangat Rendah). Artinya serapan kinerja menjadi terhambat.

“Sebenarnya ada beberapa halangan yang menjadi hambatan, termasuk posisi refocusing anggaran yang terjadi. Semoga, setelah adanya APBD perubahan semua bisa tercapai sesuai dengan rencana,” tuturnya.

Ia juga berharap kepada para OPD, yang capaian realisasi fisik maupun keuangannya belum maksimal, agar dapat meningkatkan kinerjanya untuk mencapai target sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dan melakukan monitoring secara terpadu antar OPD terkait.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Ernes Silvanus sebagai moderator menyebutkan, Rakor ini dilakukan sebagai sarana monitoring dan evaluasi terhadap semua kegiatan pembangunan di Kabupaten Malinau.

“Dengan adanya rakor ini, diharapkan dapat menjamin pelaksanaan pembangunan sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, serta untuk mengenali dan mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan. Baik secara administrasi, keuangan maupun fisik,” terangnya.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *