Forum Konsumen Tuntut PT. Telkom Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Jaringan internet di Kabupaten Malinau, beberapa hari terakhir sering mengalami gangguan.

Akibatnya banyak pelanggan mengeluh dan menggerutu di media sosial lantaran banyak aktivitas mereka ikut terganggu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Swarakaltara.com, jaringan internet telah sering mengalami gangguan seminggu terakhir di Kabupaten Malinau, terlebih di hari-hari libur.

Kondisi ini membuat para pelanggan atau pengguna layanan internet, khususnya WiFi Indihome milik PT. Telkom mengaku sangat kecewa dan kesal.

“Wifi kenapa sering ngelag pagi-pagi, gak tau kah ini anak-anak mau BDR (Belajar Dari Rumah). Mahal bayarnya, tapi tidak ada kompensasi saat ada gangguan,” tulis salah satu pengguna layanan WiFi milik PT. Telkom di akun Facebooknya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan konsumen, Rifki warga Desa Malinau Kota menyampaikan, gangguan layanan internet menyebabkan sejumlah pelanggan dirugikan.

Khususnya pelaku usaha kecil yang berharap banyak pada ketersediaan layanan digital di masa pandemi Covid-19.

“Pelaku UMKM yang memasarkan dagangannya secara online dirugikan hingga 80 persen karena gangguan. Termasuk dampaknya ke orang tua yang anak-anaknya bersekolah,” katanya, Senin (12/7/2021).

Menyikapi hal itu, beberapa perwakilan masyarakat mendatangi Kantor Telkom Cabang Malinau berkaitan gangguan layanan internet bagi pengguna jasa penyedia layanan digital tersebut.

Perwakilan masyarakat yang hadir, Jonaidi menjelaskan kedatangan pihaknya mewakili konsumen yang dirugikan akibat gangguan penyedia jasa telekomunikasi tersebut.

Jonaidi mengatakan, sejumlah hal yang disampaikan dalam pertemuan tersebut diantaranya terkait layanan digital yang terus menerus mengalami gangguan.

“Pertemuan ini untuk menyampaikan keluhan berkaitan gangguan layanan dari Telkom yang merugikan konsumen. Tagihan tetap sama sementara layanan seringkali gangguan,” ujarnya.

Diketahui, pagi tadi sekira 5 orang perwakilan konsumen bertemu dengan Koordinator Kantor Cabang Telkom Malinau di Kantor Plasa Telkom Malinau.

Perwakilan menyampaikan keluhan berkaitan pelayanan informasi pelanggan yang dinilai lamban dan tidak memuaskan.

Seharusnya informasi gangguan juga disampaikan kepada konsumen seperti halnya penyampaian tagihan pembayaran.

Informasi gangguan harus disampaikan agar masyarakat dapat mengantisipasi membengkaknya kerugian yang dialami.

“Demikian juga informasi mengenai gangguan, itu juga harus disampaikan langsung ke device konsumen. Seperti halnya tagihan. Supaya bisa kita antisipasi potensi kerugian,” ucap Jonaidi kepada awak media.

Menanggapi keluhan para konsumen tersebut, Koordinator Plasa Telkom Wilayah Malinau, Teguh Septianto menyampaikan, pihaknya akan segera meneruskan tuntutan perwakilan konsumen kepada Pimpinannya di Tarakan.

“Keluhan dan tuntutan konsumen telah kami terima, dan segera akan kami komunikasikan dengan pimpinan untuk ditindak lanjuti,” pungkasnya.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.