Kasus Covid-19 Melonjak di Apau Kayan, Pemkab Malinau Kirim Bantuan dan Tenaga Kesehatan

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Daerah Malinau melalui Dinas Kesehatan P2KB mengirim 8 tenaga kesehatan untuk membantu penanganan terhadap masyarakat yang terpapar Covid-19 di wilayah perbatasan Apau Kayan, Kabupaten Malinau.

Dari data yang dihimpun, sudah ada 361 masyarakat yang tersebar di beberapa desa terpapar virus Covid-19.

Ketua Penanganan Covid-19 Malinau, Wempi W Mawa usai berkunjung ke daerah tersebut mengungkapkan, banyak masyarakat dan tenaga kesehatan yang bertugas di fasilitas layanan kesehatan juga terpapar Covid-19.

Ia menyebutkan, penularan itu terjadi akibat adanya transmisi lokal perjalanan.

Menangani hal tersebut, hari ini, Kamis (8/7/2021) Bupati Malinau, Wempi W Mawa langsung mengirimkan bantuan tenaga kesehatan untuk mempercepat penanganan lonjakan kasus COVID-19 di wilayah Apau Kayan, Kabupaten Malinau.

“Setelah kita melihat langsung keadaan masyarakat disana, kita langsung menyuplai obat, APD, dan vitamin. Untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan masyarakat disana,” ujarnya, Kamis (8/7/2021).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Malinau ini juga mengatakan, sehubungan perkembangan terbaru di wilayah Apau Kayan terkait adanya peningkatan kasus Covid-19, pihaknya telah mengambil tindakan dan langkah cepat sesuai kebutuhan.

Hari ini pihaknya telah mengirimkan tenaga medis untuk membantu para perawat yang ada di wilayah perbatasan RI-Malaysia itu.

“Terutama di wilayah perbatasan itu pastinya harus diberikan semangat bagi masyarakat dan tenaga kesehatan yang bertugas,” ucapnya.

“Tenaga kesehatan yang bertugas di Apau Kayan ini merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman, menangani Covid-19 beberapa waktu yang lalu. Mereka hadir disana juga untuk memberikan semangat,” tambahnya.

Untuk itu, dukungan dari pihak Pemerintah Daerah demi mempercepat penanganan Covid-19, pihaknya langsung menerbangkan 1 tim tenaga kesehatan, yang di pimpin Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malinau, Dr. Jhon Felix Rundupadang.

Dalam paparannya, pihaknya juga telah memberikan laporan dan berkomunikasi dengan Gubernur Kalimantan Utara, berkaitan perkembangan terbaru keadaan masyarakat di wilayah Apau Kayan.

Selain itu, bantuan alat-alat kesehatan juga sebagian telah dipenuhi Pemprov Kaltara, seperti bantuan paket obat-obatan, masker medis, alat pengukur saturasi oksigen dan baju APD bagi paramedis di wilayah perbatasan Kabupaten Malinau tersebut.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.