Lokakarya Pilot P3MD, Covid-19 Bukan Penghalang Tingkatkan Mutu Pendidikan

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Kabupaten Malinau menggelar kegiatan Lokakarya penyampaian hasil Pilot Perencanaan Program Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar (P3MD) tahun 2021 yang dilaksanakan di ruang Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau, Jum’at (16/7/2021).

Bupati Malinau mengatakan, untuk mencapai pendidikan yang berkualitas itu harus dimulai dari pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik.

“Tenaga pendidik, perangkat dan metode pembelajaran yang efektif merupakan suatu hal yang harus kita siapkan kedepan,” ujar Bupati Malinau, Wempi W Mawa.

Kegiatan yang berlangsung di ruang Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau itu juga turut hadir Ketua DPRD Malinau, tim Inovasi Kaltara dan tamu undangan lainnya.

Di bidang Pendidikan, Bupati Wempi juga menyoroti peran guru dalam melakukan inovasi khususnya saat ini ditengah pendemi Covid-19.

Ia menyebut, adanya pandemi telah mendorong para guru untuk belajar memaksimalkan teknologi informasi agar proses pembelajaran jarak jauh dapat terus berjalan.

“Lewat perkembangan teknologi informasi saat ini, dunia pendidikan harus mengadakan inovasi yang positif untuk peningkatan mutu dan kemajuan pendidikan,” ucapnya.

Ia menilai, teknologi informasi punya peran yang sangat tepat dalam akselerasi percepatan peningkatan mutu, dan menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

“Namun disisi lainnya, kita masih harus mengatasi keterbatasan di fasilitas teknologi informasi dan akses koneksi internet. Kemudian pengembangan kualitas guru maupun peserta didik,” imbuhnya.

Meski memiliki peranan besar ditengah pandemi, tambah Wempi, keberadaan teknologi informasi tetap tidak dapat menggantikan peran seorang guru.

“Guru memiliki pengaruh yang sangat besar, bukan hanya sebagai pengajar dan pendidik, tetapi juga sebagai motivator,” ujarnya.

Ia berharap, meski ditengah keterbatasan fasilitas pendukung pendidikan yang masih kurang maupun karna situasi pandemi saat ini, proses pendidikan tidak boleh berhenti.

Wempi juga mendorong para guru, khususnya di wilayah pedalaman dan perbatasan agar tetap terus melahirkan inovasi pembelajaran.

Menurutnya, anak-anak didik harus tetap diberikan bekal pengetahuan, pendampingan dan pendidikan secara optimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Malinau, Fureng Elisa Mou menuturkan, demi meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Malinau, pihaknya membentuk tim penjamin mutu pendidikan bagi pendidikan dasar.

“Untuk Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMD) Kabupaten Malinau sudah terbentuk melalui SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau tertanggal 19 Juni 2020,” ujarnya.

Dalam rangka memperkuat kerja tim, pihaknya juga berkolaborasi dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMD) Kaltara, dan Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemendikbud serta Inovasi Kaltara.

Kemudian tahapan kegiatan yang dilakukan oleh tim, diketahui telah dimulai pada bulan Februari 2021 sampai dengan bulan April 2021 lalu.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.