Pemkab Malinau Sidak Sejumlah Apotek, Cek Ketersediaan Obat-obatan

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemkab Malinau bersama jajaran Forkopimda melakukan sidak ke sejumlah apotek, Rabu (28/7/2021). Hal itu dilakukan sebagai antisipasi penjualan obat yang melebihi harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan Pemerintah.

Pengecekan ketersediaan dan harga jual obat dan multivitamin di sejumlah apotek ini dilakukan bersama Dinas Kesehatan, personel Kodim dan Polres Malinau. Satu persatu apotek didata ketersediaan obat dan harga jualnya.

Sidak juga dilakukan guna memastikan stok obat dan tidak ada penimbunan saat kasus Covid-19 melonjak.

“Harga jual obat masih sama, disesuaikan dengan harga dari distributor. Selama pandemi, barang yang paling banyak dicari biasanya vitamin, masker dan handsanitizer,” kata Devi, Pengelola Apotek Malinau.

Selain memantau ketersediaan obat, sidak yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau, Ernes Silvanus juga memastikan ketersediaan barang lainnya, seperti masker dan handsanitizer.

Sekda Malinau, Ernes Silvanus mengatakan, pihaknya akan terus memantau stok obat agar tidak terjadi penimbunan dan pengecekan kewajaran harga obat-obatan di sejumlah apotek.

“Selain itu juga mencegah terjadinya kelangkaan dan mengawasi keamanan obat di masyarakat. Semoga dalam upaya ini dapat segera menurunkan penyebaran Covid-19 di masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *