Vaksinasi Covid-19 Melambat, Dinkes Akui Stok Vaksin Kosong

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Kabupaten Malinau melalui Dinas Kesehatan menyatakan pada saat ini masih mengalami kekosongan stok vaksin untuk program vaksinasi di wilayah Kabupaten Malinau.

Kepala Dinas Kesehatan P2KB Malinau, Jhon Felix Rundupadang menjelaskan, memang saat ini pihaknya belum mendapatkan jatah vaksin lewat jalur Dinas Kesehatan. Namun, vaksinasi khususnya untuk dosis dua jenis Sinovac lewat jalur TNI-Polri masih berjalan.

“Vaksinasi bagi masyarakat di dosis kedua masih berjalan bagi warga yang di suntik vaksin dalam program serbuan vaksinasi di Kodim dan Polres Malinau,” ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya, faktor kelangkaan vaksin di daerah disebabkan karna pasokan vaksin masih sangat bergantung dari Negara luar.

“Memang Pemerintah kita saat ini masih mengejar jumlah herd immunity bagi masyarakat di Jawa-Bali, dan setelah itu vaksinasi akan digencarkan di luar wilayah Jawa-Bali,” jelasnya.

“Saya kira stok vaksin memang sangat terbatas, dan masih jauh dari jumlah vaksin yang kita butuhkan umumnya untuk masyarakat di Indonesia,” tambahnya.

Pihaknya sampai saat ini masih menunggu pasokan vaksin dari Pemerintah Provinsi maupun Pusat.

Dr. Jhon mengungkapkan, jika tersedia, stok vaksin akan segera dibagikan ke puskesmas dan fasilitas kesehatan di Kabupaten Malinau.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *