Bupati Wempi Kembali Tinjau Vaksinasi Warga untuk Dosis Pertama di Sejumlah Desa

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa dan Wakil Bupati Jakaria kembali meninjau pelaksanaan vaksinasi warga jenis AstraZeneca untuk dosis pertama.

Kali ini keduanya meninjau vaksinasi di sejumlah Desa di 3 Kecamatan yakni Kecamatan Mentarang, Malinau Barat, dan Malinau Utara.

Pantauan Swarakaltara.com di lapangan, keduanya tiba sekira pukul 10.00 WITA di Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat, usai melihat vaksinasi di Desa Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang, Senin (30/8/2021). Ketua DPRD Malinau, Ping Ding dan Dandim 0910 Malinau, Sofwan Nizar juga ikut mendampingi.

Rombongan Bupati dan jajaran Forkopimda lalu disambut oleh warga peserta vaksinasi dan sejumlah Nakes. Rombongan kemudian melakukan peninjauan terhadap kegiatan vaksinasi di lapangan.

Bupati Wempi dalam kesempatannya mengatakan, kegiatan vaksinasi di sejumlah Desa khususnya di wilayah pedalaman dan perbatasan akan ditingkatkan pihaknya.

Ia menyebut hal itu diambil usai masih banyak warga di daerah pedalaman dan perbatasan, sebagian besar belum mendapat vaksin.

“Vaksin ini diprioritaskan bagi warga yang belum mendapat vaksin dosis pertama. Sebelumnya, ini merupakan usulan pada saat kunjungan Panglima TNI, Kapolri dan Menkes RI di Tarakan beberapa waktu lalu,” ungkap Bupati Malinau, Wempi W Mawa.

Dalam pelaksanaan vaksinasi di sejumlah Desa, petugas juga melibatkan para tenaga relawan.

Diketahui, tambahan 500 vial vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca telah tiba di Kabupaten Malinau dan secara bertahap disalurkan kepada sekira 5.000 sasaran.

Sejumlah 5.000 dosis vaksin jenis AstraZeneca itu diperuntukkan untuk warga Malinau yang akan menerima dosis pertama.

Selain di wilayah perkotaan, tambahan vaksin tersebut juga akan didistribusikan ke wilayah pedalaman dan perbatasan RI-Malaysia.

Dari informasi yang dihimpun, total ada 120 dosis yang ditargetkan untuk warga yang menerima vaksin di lokasi hari ini. Kemudian akan berlanjut hingga hari Kamis (2/9) mendatang.

Satgas Penanganan Covid-19 Malinau, juga telah menyiapkan langkah atau metode distribusi secara bertahap melalui Dinas Kesehatan P2KB ke tingkat Kecamatan maupun Desa di wilayah Kabupaten Malinau.

Tak hanya itu, dalam tinjauannya Bupati Wempi juga sempat mengingatkan agar masyarakat tetap memakai masker. Dia meminta agar masyarakat saling membagikan masker jika ada yang membutuhkan.

“Sudah di vaksin ya. Tolong tetap pakai masker ya. Jika ada saudara dan keluarganya tolong diingatkan juga, ingat protokol kesehatan,” ujar Bupati kepada warga peserta vaksinasi.

Senada, Wakil Bupati Jakaria juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, itu harus tetap diterapkan meskipun sudah divaksinasi.

“Tetap pakai masker ya, dan tetap jaga kesehatan,” kata Wabup Jakaria saat berinteraksi dengan warga lainnya.

Bupati Wempi dan Wabup Jakaria juga memberikan beberapa catatan. Salah satunya ialah agar vaksinasi tetap terus berjalan hingga dosis vaksin kedua.

“Harapannya semoga vaksinasi terus berjalan, dan warga diawasi terus untuk menjalani dosis satu dan dosis dua, hingga semua warga tervaksinasi semua,” pungkas Bupati.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.