Gubernur Zainal Beri Bantuan Uang Tunai Rp 70 Juta bagi Korban Kebakaran di Desa Malinau Hilir

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang bersama Wakil Gubernur Yansen Tipa Padan, telah mengunjungi sekaligus membawa bantuan bagi korban kebakaran di wilayah Trans RT 05, Desa Malinau Hilir, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Selasa (28/9/2021) siang tadi.

Sebelumnya, kebakaran yang terjadi pada Senin siang sekitar pukul 13.05 Wita tersebut, terjadi di pemukiman padat penduduk dan telah menghanguskan beberapa rumah warga, usaha rumah kontrakan, satu mobil, serta satu unit sarang walet milik warga setempat.

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang, menyampaikan duka kepada warga yang rumahnya terbakar. Apalagi, musibah ini terjadi masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Ia juga menyebutkan, manakala ada masyarakat yang terkena musibah apapun, seorang Kepala Daerah harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat.

“Seorang pemimpin harus berada ditengah-tengah masyarakat dan wajib membantu maupun ikut merasa prihatin,” ucapnya.

Baginya, wajib bagi seorang Gubernur untuk turun dan melihat langsung serta menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena musibah kebakaran.

“Bantuan kita berikan baik itu seperti bahan makanan pokok maupun dana sosial yang akan membantu bagi korban. Tidak banyak, namun sebagai bentuk keprihatinan kita, seorang pemimpin harus turun dan melakukan langkah penyelesaian,” jelasnya.

Diketahui, dalam tinjauan langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Zainal A. Paliwang dan Yansen TP, pihaknya langsung memberikan bantuan berupa paket sembako, peralatan tidur dan uang tunai Rp 70 juta bagi masing-masing Kepala Keluarga korban kebakaran.

Menurut data Posko Peduli Bencana Kebakaran Desa Malinau Hilir, Ketua RT 05 Fatmawati telah merinci jumlah korban yang terdampak. Berikut rinciannya.

1. Rumah yang terbakar 3 unit.
2. Kontrakan yang terbakar terdiri dari 4 Pintu.
3. Korban 7 KK (Kepala keluarga)
4. Terdiri dari 26 jiwa.
5. Total lelaki dewasa 10 jiwa.
6. Total perempuan dewasa 7 jiwa.
7.Total anak laki-laki 5 jiwa.
8. Total anak perempuan 4 jiwa
9. Total lansia 1 Jiwa (Lelaki).
10.Total Korban luka-luka 2 jiwa (Lelaki).
11. Sarang walet 1 unit.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.