Pemkab Malinau Akan Segera Salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran Desa Malinau Hilir

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Kabupaten Malinau akan segera menyalurkan bantuan sosial terhadap para korban atau kepala keluarga di wilayah Trans RT 05 Desa Malinau Hilir, Kecamatan Malinau Kota yang mengalami musibah kebakaran.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau, Ernes Silvanus mengatakan, pihaknya telah mengintruksikan jajaran Camat Malinau Kota, Kades Malinau Hilir dan Ketua RT 05 untuk segera mendata warga yang terkena dampak maupun para pemilik rumah.

“Pastikan jumlah unitnya, maupun jumlah jiwa yang terkena dampak akibat kebakaran itu,” ujar Sekda Ernes Silvanus kepada Swarakaltara.com, saat dilokasi kebakaran, Senin (27/9/2021).

Langkah-langkah cepat yang harus diambil, tambahnya, jajaran Desa dan RT harus segera melokalisir lokasi termasuk data-data jumlah para korban.

Ia juga turut mengapresiasi langkah tanggap Kepala Desa dan Ketua RT 05, yang sangat aktif dan cekatan dalam membantu warga korban kebakaran.

“Bahkan, mereka tadi menawarkan tempat tinggal. Mudah-mudahan para korban dapat segera mendapatkan tempat tinggal untuk sementara,” jelasnya.

Kedepan, usai dituntaskan tahap berita acara atau laporan atas kerugian musibah kebakaran, Sekda Ernes Silvanus menyebut, Pemkab Malinau akan segera menyalurkan bantuan kepada warga korban kebakaran.

“Setelah selesai berita acaranya atau laporan, baru kita bisa ambil tindakan. Yang jelas bapak Bupati akan segera ambil tindakan, salah satunya menyalurkan bantuan untuk para korban,” pungkasnya.

Diketahui, menurut data Posko Peduli Bencana Kebakaran Desa Malinau Hilir, Ketua RT 05 Fatmawati telah merinci jumlah korban yang terdampak. Berikut rinciannya.

1. Rumah yang terbakar 3 unit.
2. Kontrakan yang terbakar terdiri dari 4 Pintu.
3. Korban 7 KK (Kepala keluarga)
4. Terdiri dari 26 jiwa.
5. Total lelaki dewasa 10 jiwa.
6. Total perempuan dewasa 7 jiwa.
7.Total anak laki-laki 5 jiwa.
8. Total anak perempuan 4 jiwa
9. Total lansia 1 Jiwa (Lelaki).
10.Total Korban luka-luka 2 jiwa (Lelaki).
11. Sarang walet 1 unit.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.