Resmikan Posbindu PTM, Ketua Persit Erni Suratno Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 092 PD VI/Mulawarman Ny. Erni Suratno meresmikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM) dan Posyandu Kodim 0910 Malinau.

Kegiatan peresmian tersebut berlangsung di Markas Koramil 0910-03 Malinau Kota, Desa Malinau Hulu, Selasa (7/9/2021).

Peresmian itu juga turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malinau, Ny. Maylenty Wempi dan Ketua Persit KCK Cabang LVII Dim Malinau, Ny. Intan Sofwan Nizar.

Dalam sambutannya, Ny Erni Suratno, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana mengatakan, Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini terhadap faktor resiko penyakit tidak menular.

Kemudian dapat terintegrasi terhadap gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga, yang pengelolaannya juga melibatkan masyarakat melalui pembinaan secara terpadu.

“Posbindu-PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM utama, yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik” ujarnya.

Ia membeberkan, salah satu faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, dan hiperkolesterol.

Untuk menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan, melalui konseling kesehatan kemudian akan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

“Semoga dengan adanya Posbindu-PTM ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, umumnya bagi warga di Kabupaten Malinau,” pungkasnya.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.