Seleksi PPPK Dimulai, Bupati Wempi Pantau Pelaksanaan Tes

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pelaksanaan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Formasi Guru di Kabupaten Malinau telah berlangsung, Senin (13/9/2021). Sekira sebanyak 400 peserta akan mengikuti tes berbasis CAT yang terpusat di satu lokasi dalam wilayah Kabupaten Malinau.

Di hari pertama seleksi PPPK, Bupati Malinau, Wempi W Mawa didampingi Kepala Dinas Pendidikan Malinau, Fureng Elisa Mou meninjau langsung lokasi seleksi PPPK di SMKN 2 Malinau.

Dalam Kesempatannya, Bupati Wempi mengatakan, semoga dengan dilaksanakannya seleksi PPPK ini, akan menjawab semua keinginan dari para guru honorer yang selama ini yang sudah berbakti untuk Kabupaten Malinau.

Ia berpesan agar peserta dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan mendapatkan hasil maksimal sehingga dapat diangkat menjadi PPPK di Malinau.

Menurutnya, sebagian besar para peserta ini adalah tenaga pendidik yang sudah cukup lama mengabdi di daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Malinau, Fureng Elisa Mou, saat dikonfirmasi menjelaskan, pelaksanaan seleksi akan digelar secara bersesi, hal itu dilakukan juga untuk menyesuaikan kapasitas ruangan.

“Total untuk peserta di Kabupaten Malinau sekira 400 peserta. Jadi per-sesi kita bagi menjadi 58 orang, menyesuaikan kapasitas ruangan,” jelasnya.

Di lokasi seleksi, tambahnya, pihaknya menggunakan 3 ruangan dalam pelaksanaan seleksi PPPK Guru.

“Untuk di Malinau seleksi kita pusatkan di SMKN 2 Malinau,” ucapnya.

Pihaknya rencana akan menggelar seleksi selama 4 hari kedepan, dengan sistem sesi.

Fureng juga memberikan catatan, untuk peserta yang akan mengikuti seleksi diwajibkan melampirkan negatif rapid antigen.

“Jika ada peserta yang positif, maka akan kita fasilitasi dengan tes susulan,” ujarnya.

Fureng membeberkan, untuk sesi hari ini, diketahui ada 2 orang peserta yang reaktif Covid-19. Kemudian satu peserta yang berhalangan karna sakit.

“Jika seperti itu, tetap kita akan fasilitasi dengan tes susulan. termasuk yang tidak melampirkan negatif rapid antigen,” imbuhnya.

Diketahui, menurut data Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, jumlah peserta untuk seleksi PPPK Guru di Kaltara mencapai 1.522 orang.

Untuk pelaksanannya semua dijadikan satu, karena leading setornya pelaksananya itu di Disdikbud Provinsi dan dibantu Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Untuk di Provinsi Kalimantan Utara, instansi terkait di daerah telah diintruksikan agar menyiapkan 5 sekolah di masing-masing wilayah di Kaltara, sebagai lokasi pelaksanaan seleksi PPPK Guru yang berlangsung selama 5 hari ke depan atau sejak 13 hingga 17 September mendatang.

Kelima sekolah itu ialah SMAN 1 Tanjung Selor, SMKN 2 Malinau, SMKN 1 Nunukan, SMKN 2 Tarakan, dan SMA 1 Unggulan Tana Tidung.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.