Dispora Malinau Tingkatkan Pemberdayaan bagi Generasi Milenial

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malinau menggagas program pemberdayaan bagi generasi milenial.

Program ini kedepan diharapkan mampu mendorong kreativitas dan menjadi wadah para milenial untuk mengembangkan ide dan bakatnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Malinau, Feridan Bartho menyebutkan, Malinau merupakan daerah yang memiliki banyak potensi, termasuk kekayaan SDM yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Salah satu potensi paling besar adalah dinamika kaum muda atau para milenial yang harus diberi ruang gerak.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi yang berkaitan dengan tugasnya dalam mengikuti pelatihan kepemimpinan di tingkat nasional tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Lembaga Aparatur Negara (LAN).

“Jadi tugas ini ialah proyek perubahan yakni dalam program strategi peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pemberdayaan bagi generasi milenial di Malinau,” ucapnya kepada Swarakalatara.com, Jum’at (1/10/2021).

Adapun tujuan dari program itu, lanjutnya, ada target yang harus dicapai diantaranya harus ada inovasi yang wajib dilaksanakan.

“Inovasi dalam hal ini melalui proyek perubahan semoga dapat tercapai untuk jangka pendek berkaitan dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang milenial agar segera di luncurkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini peraturan itu tengah dalam proses penyelesaian, lalu akan dikonsultasikan ke pihak Provinsi Kalimantan Utara.

“Kita harapkan dapat selesai dalam bulan Oktober ini,” tuturnya.

Dalam program jangka menengah untuk mendukung pemberdayaan milenial, pihaknya akan menggelar pelatihan, terutama yang telah terbentuk organisasinya.

“Dengan dibentuknya organisasi milenial di Malinau dan Perbup telah terbit, kita harap organisasi ini juga ada Kantor Sekretariat,” ucapnya.

Ia menilai bahwa setiap organisasi harus ada wadah atau tempat untuk menyampaikan serta menyatukan ide-ide dari para anggota organisasi milenial.

Berkaitan dengan itu, Feridan mengaku sangat bersyukur atas respon Bupati Malinau dan jajarannya untuk mempercepat proses jangka panjang program pemberdayaan bagi milenial tersebut.

“Tentu hal ini diluar dugaan kita, artinya di bulan depan telah dilaunching juga tempat atau Kantor Sekretariat bagi organisasi milenial di Kabupaten Malinau,” imbuhnya.

Menurutnya, salah satu tujuan kegiatan pemberdayaan milenial ini terus digencarkan ialah dalam rangka mempersiapkan generasi muda untuk melanjutkan estafet kepemimpinan di daerah.

“Hal ini kita lakukan untuk lebih mempersiapkan generasi muda dalam melanjutkan estafet kepemimpinan,” pungkasnya.(*)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.