Optimalkan Kebersihan Lingkungan, Wabup Jakaria Berikan Arahan ke DLH

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Wempi W Mawa dan Wakil Bupati Jakaria, kembali mengumpulkan instansi atau OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Malinau. Kali ini, bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Malinau, Frent Tomi Lukas, Bupati Wempi mengumpulkan para ASN dan petugas kebersihan di ruang Tebengang Pemda Malinau, Senin (4/10/2021).

Dalam kesempatannya, Bupati dan Wakil Bupati Malinau secara bergantian memberikan semangat dan arahan kepada para petugas kebersihan di DLH Malinau.

Saat dikonfirmasi, Wakil Bupati Jakaria lebih menekankan agar petugas kebersihan benar benar bertanggung jawab dan maksimal dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.

Wabup Jakaria menyebutkan, disamping tugas dan kewajibannya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, para petugas atau tenaga kebersihan dilapangan harus menjadi corong atau pemberi informasi agar masyarakat lebih paham pentingnya budaya hidup bersih dan sehat.

“Yang pertama, para petugas kebersihan dilapangan harus dapat menjelaskan apa itu program RT Bersih yang telah digaungkan Pemkab Malinau,” ucapnya.

Ia menambahkan, program RT Bersih merupakan lebih kepada merubah pola pikir atau mindsite masyarakat khususnya di Malinau tentang pola hidup bersih dan sehat.

“Jadi hidup bersih itu bukan hanya seperti kerja bakti, namun itu lebih kepada komitmen untuk tetap secara konsisten menjaga lingkungan, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan. Inilah yang ingin kita jelaskan kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Daerah sangat tidak ingin hanya bekerja menggunakan banyak teori. Artinya, pihaknya tidak ingin berulang hanya menyampaikan teori, namun ia mau semua jajarannya bekerja secara tuntas kepada fisik pekerjaan yang sebenarnya.

“Para petugas kebersihan paling tidak harus mengenal juga bagaimana lingkungan sekitarnya. Contoh kecil di lingkungan keluarga, harusnya juga disampaikan pentingnya untuk komitmen menjaga lingkungan menjadi tetap bersih,” imbuhnya.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *