Peringatan HKG PKK ke-49, PT. MA & TP PKK Malinau Siap Bersinergi Majukan Produk Lokal

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Tim Penggerak PKK Kabupaten Malinau menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke- 49 tahun 2021 dan Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Malinau di Panggung Padan Liu Burung, Prosehat Malinau, Kamis (14/10/2021).

Peringatan HKG PKK ke- 49 dan Jambore Kader PKK Malinau dengan tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju” ini dibuka secara resmi oleh Bupati Wempi W Mawa didampingi Wakil Bupati Jakaria.

Hadir pada acara ini, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Kaltara, Ny. Ping Ding dan anggota DPD-RI Hasan Basri Dapil Kaltara dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Malinau.

Sesuai tema puncak peringatan HKG ke-49, keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju, TP PKK Malinau juga diharapkan dapat mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas, dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya ekonomi dan lingkungan.

Kegiatan puncak peringatan HKG PKK ke-49, TP PKK Malinau juga membuat lomba jajanan khas Malinau dan minuman sehat. Salah satu jurinya ialah Ibnu Wahyu Hidayat yang mewakili PT. Mitrabara Adiperdana selaku mitra TP PKK Malinau selama ini.

Saat dikonfirmasi, Ibnu Wahyu Hidayat, selaku CSR & ER Manager di PT. Mitrabara Adiperdana Tbk mengatakan, melalui kegiatan itu pihaknya yang merupakan bagian dari masyarakat Malinau merasa terpanggil, agar lebih meningkatkan dan mengembangkan potensi yang ada di wilayah Kabupaten Malinau.

“Salah satunya ialah memajukan jajanan produk lokal khas Malinau,” ujarnya kepada Swarakaltara.com lewat sambungan telepon, Jum’at (15/10/2021) sore.

Ia menilai, dari dulu hingga sekarang belum ada pengembangan produk jajanan lokal khas Malinau. Seperti yang dikemas dan dipasarkan secara profesional.

“Targetnya kedepan memang akan dipasarkan sampai keluar daerah bahkan bisa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Malinau,” jelasnya.

Hal itu pun yang membuat munculnya ide dari PT. MA dan TP PKK Malinau untuk lebih mengembangkan dan memajukan produk jajanan khas Malinau agar di minati masyarakat secara luas.

“Itu salah satu dasar adanya kegiatan kemarin. Kedepan, karena sudah ada para pemenangnya kita akan lebih kembangkan produk yang dihasilkan tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pengembangan produk jajanan juga harus melewati berbagai tahap, diantaranya pengenalan mutu dan standar rasa yang akan menjadi sebuah produk. Lalu, pelatihan packaging atau pengemasan dan harus mengikuti sertifikasi IRT dengan lembaga terkait.

Dalam kegiatan kemarin, Ibnu Wahyu Hidayat mengakui antusias para peserta dan para kader TP PKK sangat luar biasa.

“Pertama dalam benak saya yang ikut hanya sampai puluhan peserta saja, tapi ternyata yang ikut produk-produknya sampai ratusan. Itu sangat luar biasa masyarakat Malinau,” katanya.

Diketahui, PT. Mitrabara Adiperdana dalam kegiatan puncak peringatan HKG ke-49 dan Jambore Kader PKK Malinau juga mendapat piagam penghargaan, karena selama ini telah menjalin kerjasama dengan sangat baik.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *