Tinjau Pembangunan di Malinau, Wagub Yansen TP : Harus Diawasi Ketat

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Malinau (6/10) lalu, Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Yansen Tipa Padan mengevaluasi pelaksanaan 4 program pembangunan fisik Pemerintah Provinsi di Kabupaten Malinau.

Meliputi 2 program pembangunan dana alokasi khusus (DAK) Fisik Sekolah di SMKN 2 Malinau dan di SMAN 4 Malinau dengan nilai pagu paket anggaran berjumlah Rp 3,35 miliar.

Termasuk pembangunan sarana dan bangunan pelengkap Daerah Irigasi Rawa (DIR) di Sei Bengalun dan Kaliamok yang bersumber dari APBD tahun 2021 Provinsi Kalimantan Utara berjumlah Rp 2,2 miliar.

Seusai peninjauan, Yansen TP mengatakan banyak hal yang perlu dievaluasi terkait pembangunan 4 program fisik tersebut.

Diantaranya, mengenai supervisi atau pengawasan program yang dinilai masih minim dan belum sesuai harapan.

“Seluruh program ini harus sesuai dengan peruntukannya. Infrastruktur harus disesuaikan dengan kebutuhan. Petugas yang ditunjuk untuk mengawasi harus selalu evaluasi. Sudah sesuai atau tidak,” ucapnya, Minggu (10/10/2021).

Ia menilai, program fisik seperti pembangunan bangunan pelengkap DIR Sei Bengalun harus dianalisa dan diawasi secara berkala.

Karena program tersebut menelan anggaran daerah dan masyarakat khususnya petani sangat membutuhkan infrastruktur tersebut.

Hal yang sama menurutnya juga berlaku untuk pembangunan sejumlah infrastruktur lainnya. Pihak yang telah ditunjuk, UPTD dan dinas terkait berkewajiban memantau seluruh proses pembangunan.

“Harus rutin dievaluasi. Dengan dibangun irigasi ini, airnya bisa sampai tidak ke lahan-lahan pertanian. Jangan sampai pembangunan selesai, tapi manfaatnya tidak ada khususnya bagi petani,” tegasnya.(*)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.