APBD Tahun 2022 Disahkan Rp1,383 T, Bupati : Prioritas Pencapaian Visi-misi Daerah

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – DPRD Kabupaten Malinau mengesahkan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malinau 2022 dalam Rapat Paripurna pada, Jum’at (31/12/21) lalu.

APBD 2021 Malinau ditetapkan dengan rincian pendapatan senilai Rp 1,273 Triliun dan belanja senilai Rp 1,383 Triliun.

Dipaparkan oleh Ketua Badan Anggaran DPRD Malinau, Dolvina Damus dalam rapat paripurna persetujuan dan penetapan Raperda APBD 2022 menjadi Perda Malinau 2021.

Dalam kesempatannya, Bupati Malinau, Wempi W Mawa mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Malinau terhadap pengesahan Perda APBD Tahun 2022.

Bupati Malinau, Wempi W Mawa mengatakan, penetapan APBD ini adalah mekanisme akhir yang dilakukan secara administrasi dan ditetapkan menjadi peraturan daerah.

“Pada prinsipnya kita (Pemerintah Daerah) akan segera melaksanakan kegiatan dan program yang telah disepakati ini. Artinya pihak DPRD Malinau telah menyetujui bahwa alokasi anggaran itu telah sesuai dengan tahapan yang mengacu terhadap visi-misi daerah,” ucap Bupati Wempi W Mawa, Senin (3/1/2022).

Ia juga turut mengajak lembaga DPRD Malinau untuk mengawal realisasi program visi-misi daerah, agar pelaksanaannya sampai pertanggungjawabannya berjalan dengan baik.

“Jadi untuk di tahun ini kita akan fokuskan terhadap pencapaian visi-misi daerah. Pihak DPRD Malinau juga telah memberikan apresiasi terhadap visi-misi daerah karena mengarah dan konsisten terhadap RPJM daerah,” ungkapnya.

Bupati Wempi menyebut, berbagai dinamika selama proses pembahasan telah dilalui dengan semangat serta menjunjung nilai-nilai kebersamaan, sehingga penetapan APBD Tahun 2022 dapat dilaksanakan sesuai yang diharapkan.

Ia juga mengapresiasi kepedulian dan dukungan yang telah diberikan oleh anggota dewan dalam mempertajam target-target program dan kegiatan.

Tak hanya pimpinan dan anggota DPRD, Bupati juga mengajak beserta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Malinau untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pembangunan yang akan diaksanakan.

“Bersama kita kawal semua program pembangunan yang akan kita laksanakan serta bersama kita evaluasi demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Malinau yang sejahtera,” imbuhnya.

Saat disinggung mengenai refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, Bupati Wempi menyebutkan, di tahun 2022 ia berharap anggaran yang telah disepakati dapat terserap maksimal meskipun pandemi Covid-19 masih membayangi penyelenggaraan pembangunan di tahun ini.

“Walaupun pandemi Covid-19 masih ada, namun berbeda dengan tahun lalu. Di tahun ini kita lebih siap. Termasuk dalam penyelanggaraan kegiatan-kegiatan yang bersifat penanggulangan bencana non alam Covid-19. Semua sudah dirinci dan dipersiapkan” jelasnya.

Reporter: A. Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.