Panen Bersama Kelompok Tani Arur Lam, Bupati Janji Fasilitasi Jaringan Listrik

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa didampingi Wakil Bupati Jakaria bersama jajaran Forkopimda Malinau melakukan panen raya bersama Kelompok Tani Arur Lam di Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Kamis (13/1) kemarin.

Ia mengatakan, kegiatan panen bersama dengan kelompok tani Arur Lam ini merupakan wujud dari peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Malinau ditengah-tengah wabah Pandemi Covid-19.

“Atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Daerah, saya sangat menyambut baik serta memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan panen di musim panen pertama bersama kelompok tani Arur Lam,” ungkap Bupati Wempi, Jum’at (14/1/2022).

Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga sebagai dukungan bagi salah satu dari 5 program unggulan daerah, yaitu Beras Daerah (Rasda) Plus.

“Sesuai dengan janji saya beberapa waktu lalu bersama jajaran Forkopimda Malinau, kita implementasi program Rasda Plus. Saat itu, saya katakan ketika padi ini siap panen, kami akan datang langsung untuk melakukan panen bersama para petani,” ucapnya.

Ia menyebut sangat bersyukur komitmen itu dapat terealisasi saat ini.

“Sekarang kita telah melihat hasil padinya telah menguning dan siap untuk di panen,” katanya.

Ia menuturkan, Pemkab Malinau akan senantiasa memberikan dorongan dan motivasi kepada petani dengan berbagai kebijakan pro petani dalam usaha pertanian yang lebih maju dan berkembang.

Salah satunya melalui Program Rasda Plus dan Petani Sehat, pihaknya mendorong untuk meningkatkan hasil panen yang berkualitas dan lebih baik.

Dijelaskan Bupati Wempi, pertanian merupakan salah satu sektor yang tahan banting sekaligus menjadi salah satu penyangga perekonomian masyarakat di daerah.

Hal itu terbukti dengan pertanian yang mampu beradaptasi pada masa pandemi.

Sementara itu, Bupati Wempi memastikan akan memfasilitasi jaringan listrik akan masuk di RT 13, Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat tahun 2022 ini.

Menurutnya, fasilitas jaringan listrik sangat penting bagi masyarakat di wilayah tersebut. Terlebih untuk mendukung peningkatan sektor Pertanian dan Peternakan masyarakat.

“Jika kita lihat di sepanjang jalur ini, pemukiman masyarakat sudah cukup padat. Sekaligus wilayah ini masih masuk kawasan perkotaan. Kedepan, dengan masuknya jaringan listrik di wilayah ini, semoga para petani semakin produktif dalam mengelola pertanian, perkebunan, bahkan peternakan nya masing-masing,” jelasnya.

Hal itu tentu menjadi angin segar bagi masyarakat setempat yang memang sudah lama menginginkan ada fasilitas jaringan listrik di pemukiman dan lahan pertanian di Desa Tanjung Lapang tersebut.

Reporter: A.Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.