Home Kaltara Sambil Ngevlog, Mensos Risma Promosikan Beras Adan dan Produk Lokal Malinau

Sambil Ngevlog, Mensos Risma Promosikan Beras Adan dan Produk Lokal Malinau

by swarakaltara

MALINAU, SWARKALTARA.COM – Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), Tri Rismaharini dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Malinau, Minggu (9/1) kemarin, telah melihat dan menikmati berbagai macam produk UMKM khas Bumi Intimung tersebut.

Berbagai produk yang disajikan oleh jajaran Pemerintah Daerah Malinau dan kelompok UMKM Malinau seperti kuliner, kerajinan, anyaman maupun keseniannya, tidak henti-hentinya membuat mantan Walikota Surabaya ini memuji kekayaan sumber daya alam dan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Malinau.

“Saya melihat Malinau ini kaya sekali sumber daya alamnya. Tinggal bagaimana kedepan Pemerintah Daerah bersama seluruh masyarakat untuk me-marketingkan (promosi) agar lebih dikenal oleh masyarakat Nasional maupun Internasional,” ucapnya, Senin (10/1/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Risma langsung menikmati kuliner nasi beras Adan khas Krayan dan aneka makanan lainnya serta mengenakan produk-produk kerajinan khas Malinau, mulai dari kalung, selendang, dan topi caping khas Kabupaten Malinau.

Beberapa saat kemudian, Mensos pun nge-vlog untuk memasarkan salah satu produk yaitu Beras Adan khas Krayan, Kabupaten Nunukan yang juga di budidayakan di Kabupaten Malinau, tepatnya di Desa Wisata Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang.

“Sebelumnya, saya diberikan Beras Adan khas Krayan ini oleh Ketua DPD PDIP Kaltara. Saya dikasi beras dan dikatakan bahwa beras ini enak, harum wanginya. Seolah-olah Beras ini sudah di bumbui,” ucap Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini dalam video blogging (Vlog)nya.

Ternyata Beras ini, lanjutnya, berada di wilayah perbatasan RI-Malaysia tepatnya di Kabupaten Nunukan, Krayan. Beras ini juga diketahui dibudidayakan di Desa Wisata Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau.

“Saat ini saya tengah menikmati kuliner nasi dari beras Adan Krayan dan aneka makanan lainnya, dijamu oleh Bupati Malinau bersama jajarannya,” ucapnya.

Ia menyebutkan, masyarakat dari luar daerah akan menyesal jika berkunjung ke Kalimantan Utara tepatnya di Kabupaten Malinau dan Nunukan tidak mencoba nasi dari Beras Adan.

“Dalam kunjungan ini sangat disayangkan jika saya tidak mencicipi nasi dari Beras Adan. Karena Berasnya wangi, dan seperti ada bumbunya. Sehingga, mungkin saat kita makan nasi dari Beras Adan ini, kita tidak perlu menambah lauk pauk,” katanya.

“Beras Adan ini ada di wilayah Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan dan dibudidayakan di Desa Wisata Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang Kabupaten Malinau,” tambahnya.

Ia juga mempromosikan agar masyarakat dari luar Kalimantan Utara, agar datang berkunjung ke Kabupaten Malinau dan Nunukan untuk mencicipi nasi dari Beras Adan ini.

“Rasanya gurih, wangi, dan seperti ada bumbunya. Jadi, pasti nyesel nanti jika tidak mencicipi nya,” imbuhnya.

Diketahui, kedatangan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini ke Kabupaten Malinau merupakan rangkaian kunjungan kerjanya usai meninjau titik lokasi banjir di Desa Atap Kecamatan Sembakung, dan Desa Mansalong, Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan.

Ia dan rombongan beristirahat dan menginap di Kabupaten Malinau sebelum bertolak ke Kota Tarakan dan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Banda Aceh.

Reporter: A. Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved