Gelar Sosialisasi Strategi Pelaksanaan Anggaran 2022, KPPN Beri Apresiasi Kinerja Pengelolaan Anggaran Terbaik

 

BULUNGAN,SWARAKALTARA.COM ; Percepatan pelaksanaan anggaran pemerintah serta untuk mewujudkan kinerja belanja pemerintah yang lebih berkualitas, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung Selor bersama seluruh Pimpinan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) satuan kerja (satker) secara daring menggelar Sosialisasi Langkah Strategi Pelaksanaan Anggaran tahun 2022, Rabu (23/2).

Kegiatan tersebut bertujuan sebagai koordinasi dan komunikasi KPPN Tanjung Selor selaku Kuasa Bendahara Umum Negara di Daerah bersama para Pimpinan satker selaku KPA untuk mengevaluasi kinerja pelaksaan APBN 2021. Hal ini diharapkan dapat memperbaiki kinerja dan kualitas pelaksanaan anggaran di TA 2022.
Kegiatan ini berusaha untuk menggali kendala umum yang dihadapi oleh satker serta berbagi tips bagaimana mengatasinya. Tak hanya itu, pertemuan ini juga membahas langkah strategis pelaksanaan anggaran yang akan dilaksanakan di tahun 2022. Pembahasan materi tersebut secara panel disampaikan oleh narasumber yaitu para Kepala Seksi KPPN Tanjung Selor diantaranya sebagai berikut:

Pertama, Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran TA 2022 oleh Pak Asep Saprudin, selaku Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal
Kedua pengelolaan rekening satker dan dana APBN yang sudah cair namun diretur oleh Pak Ginanjar Rah Widodo, selaku Kepala Seksi Bank

Ketiga, Rekonsiliasi dan Pelaporan Keuangan oleh Pak Rudi Rusanto, selaku Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi
Dalam sambutannya, Kepala KPPN Tanjung Selor, Juanda, menyampaikan, kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja satuan kerja tidak hanya diukur dari sisi penyerapan saja, namun diukur dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). “IKPA mengukur dari 4 aspek dan 13 indikator. Aspek tersebut berupa kesesuaian terhadap perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, dan pelaksanaan anggaran terhadap regualsi,” terang Juanda.

“Realisasi penyerapan anggaran di tahun 2021 telah mencapai angka Rp 3,57 triliun atau 93,77 persen dari total alokasi sebesar Rp 3,81 triliun untuk 140 satker dan tiga pemda meliputi Pemprov Kaltara, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Malinau. Penyerapan anggaran tersebut sudah melampaui target nasional dengan persentase angka diatas 90 persen,” sambung Juanda.
Di Tahun 2022 ini, KPPN Tanjung Selor mengelola anggaran Rp 3,17 triliun. Besaran tersebut mengalami penurunan sebesar 20,2 persen atau Rp 639,41 miliar dibanding tahun lalu 2021. Dengan jumlah mitra kerja yang berkurang menjadi 127 satker dan tetap dengan tiga pemerintah daerah sebagai mitra kerja. Adapun realisasinya sampai dengan tgl 18 Februari 2022 baru mencapai sebesar Rp 164,71 Miliar atau 5,19 persen dari alokasi pagu sebesar Rp 3,17 triliun.

Dalam acara tersebut, KPPN Tanjung Selor memberikan apresiasi penghargaan kepada Satker dan pemda sebagai mitra kerja berupa plakat dan piagam penghargaan.

Apresiasi ini didasarkan atas kinerja terbaik dalam mengelola Pelaksanaan Anggaran dan Pelaporan Keuangan TA 2020 yang terbagi menjadi tiga bagian, Pertama atas dasar Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), kedua Pelaporan Keuangan, dan ketiga Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

UIKPA terbagi menjadi 5 kategori, Pertama Kategori Sempurna, Kedua Kategori Pagu lebih dari 100 Milyar, Ketiga Kategori Pagu antara 10 Milyar s.d. 100 Milyar, Keempat Kategori Pagu antara 5 miliar s.d. 10 Milyar dan Kelima Kategori Pagu kurang dari 5 miliar. Sedangkan kategori TKDD dibagi menjadi dua kategori yaitu Kinerja DAK Fisik terbaik dan Kinerja Dana Desa Terbaik.

Papresiasi tersebut didasarkan pada kinerja terbaik selama periode TA 2021. Kami sangat mengapresiasi kepada Satker dan Pemda yang telah memperoleh penghargaan tersebut.

“Semua hasil tersebut tidak lepas dari upaya nyata yang telah dilakukan oleh tim pejabat pengelola perbendaharaan (KPA, PPK, PP SPM dan Bendahara) selama tahun 2021. Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, tetap dapat berkinerja terbaik untuk Negeri,” tutur Juanda.

Dapresiasi tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja satuan kerja dan menunjukkan komitmen tinggi dari KPPN Tanjung Selor dalam memberikan pelayanan.

“Harapannya melalui kegiatan ini dapat menghasilkan satu komitmen pimpinan untuk mewujudkan kinerja pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan di tahun 2022 menjadi makin baik dan berkualitas,” tutup Juanda.

Para pemenang yang mendapat apresiasi kinerja pengelolaan keuangan terbaik adalah sebagai berikut:
Pertama Berdasarkan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yaitu
Kategori IKPA Sempurna : Kanwil DJPB Provinsi Kaltara
Kategori IKPA Pagu di atas Rp100M: BRIGIF 24/BC DAM VI/MLW
Kategori IKPA dengan Pagu Rp10 M s.d. Rp100M

1. Kantor UPBU Long Apung sebagai Peringkat Pertama
2. Polres Bulungan sebagai Peringkat Kedua
3. Polres Malinau sebagai Peringkat Kedua
4 Satbrimob Polda Kalimantan Utara sebagai Peringkat Ketiga
Kategori IKPA dengan Pagu Rp5 M s.d. Rp10M

1. Balai Taman Nasional Kayan Mentarang sebagai Peringkat Pertama
2. Spripim Polda Kalimantan Utara sebagai Peringkat Kedua
3. Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov.Kalimantan
Utara sebagai Peringkat Ketiga
Kategori IKPA Pagu dibawah Rp5 M

1. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau sebagai Peringkat Pertama
2. Unit Penyelenggara Pelabuhan Tanjung Selor sebagai Peringkat Kedua
3. Bid Tik Polda Kalimantan Utara sebagai Peringkat Ketiga
Kedua Kategori Laporan keuangan terbaik tingkat UAKPA (Unaudited) TA 2021

1. Badan Pusat Statistik Prop. Kalimantan Utara sebagai Peringkat Pertama
2. Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara sebagai Peringkat Kedua
3. Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan sebagai Peringkat Ketiga
Ketiga Berdasarkan Kinerja TKDD Terbaik TA 2021
Kategori Kinerja DAK Fisik Terbaik TA 2021
1. Pemerintah Kabupaten Bulungan sebagai Peringkat Pertama
2. Pemerintah Kabupaten Malinau sebagai Peringkat Kedua
3. Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebagai Peringkat Ketiga
Kategori Kinerja Dana Desa Terbaik TA 2021
1. Pemerintah Kabupaten Malinau sebagai Peringkat Pertama
2. Pemerintah Kabupaten Bulungan sebagai Peringkat Kedua

REPORTER : IFA

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.