Antisipasi Paham Radikalisme, Kodim 0910 Malinau Resmikan Pembentukan Kampung Pancasila

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Kodim 0910 Malinau bersama Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa Malinau Kota telah meresmikan Kampung Pancasila di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (29/3/2022).

Peresmian Kampung Pancasila ini merupakan yang pertama kali di Bumi Intimung.

Desa Malinau Kota di Kecamatan Malinau Kota dipilih sebagai pilot project dalam pembentukan Kampung Pancasila perdana di Kabupaten Malinau.

Peresmian dilakukan langsung oleh Dandim 0910, Letkol Inf Sofwan Nizar didampingi Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H. Edy Marwan bersama jajaran Pemerintah Desa Malinau Kota dan para tokoh adat di Kabupaten Malinau.

Dandim 0910 Malinau, Letkol Inf Sofwan Nizar mengatakan, pencanangan Kampung Pancasila ini sebagai wujud antisipasi merebaknya paham radikalisme di tengah masyarakat.

Ia menyebutkan, keberadaan kampung ini sekaligus untuk membumikan Pancasila di tengah-tengah masyarakat sekaligus dalam segala aspek sosial dan budaya.

“Kampung Pancasila ini merupakan suatu wadah bagi masyarakat yang dipusatkan di desa, agar lebih menanamkan nilai-nilai dan Budi luhur Pancasila,” ucapnya.

Selain bertujuan untuk menangkal paham radikalisme, Kampung Pancasila ini juga dapat menjadi pengingat semangat Pancasila di setiap wilayah.

Sehingga, masyarakat dapat berperan aktif mengawasi setiap orang-orang baru yang menetap dan keluar-masuk wilayah dengan melaksanakan kegiatan yang positif berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

“Sebagai sebuah percontohan, kita memilih Desa Malinau Kota karena melihat masyarakat yang majemuk dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Baik itu perbedaan ras, suku, agama maupun golongan. Kita mulai dari Desa Malinau Kota dan kedepan kita akan kembangkan,” katanya.

Kedepan, Kodim 0910 Malinau akan kembali meresmikan Kampung Pancasila lainnya di seluruh wilayah Kabupaten Malinau.

Sementara itu, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H. Edy Marwan mewakili Pemerintah Daerah sangat memyambut baik pencanangan Kampung Pancasila tersebut.

Keberadaan kampung ini diharapkan dapat berkontribusi mengawal tegaknya nilai-nilai luhur Pancasila di bumi pertiwi, utamanya di wilayah perbatasan.

Dalam pencanangan Kampung Pancasila ini juga turut dihadiri para tokoh adat, tokoh masyarakat, para pelajar, mahasiswa dan lintas organisasi masyarakat lainnya.

Reporter: A. Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.