Wabup Malinau: “Kita Harapkan Semua Anggota Pusaka Ada di Setiap Kecamatan.

Fungsi kedepan DPAC Pusaka Malinau untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah”

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Wakil Bupati Malinau, Jakaria SE.,M.Si menghadiri acara Syukuran dan Pengukuhan Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) Persekutuan Suku Asli Kalimantan (Pusaka) Kabupaten Malinau periode 2022-2026, Sabtu (12/3/2022) bertempat di Taman Jojok Desa Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara.

Wabup dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada DPAC Pusaka Kabupaten Malinau periode 2022-2026 yang baru dikukuhkan.

“Semangat dalam menjalankan tugas, semoga apa yang dicita-citakan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dapat terwujud.”ujarnya.

Ia menambahkan, agar Pusaka Malinau dapat menjadi organisasi yang terbuka yang bisa membaca isu isu kekinian dan tidak menjadi sebuah organisasi yang eksklusif tetapi menjadi organisasi yang dapat memetakan apa yang diperlukan masyarakat.

Ia berpesan, untuk menyusun program kerja DPAC Pusaka Malinau yang strategis, agar dapat di rumuskan bersama dengan situasi saat ini.

Diketahui, agenda kegiatan tersebut ialah syukuran dan pengukuhan DPAC Pusaka di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Malinau Kota, Malinau Utara dan Malinau Barat.

Kegiatan ini juga turut di hadiri oleh perwakilan jajaran Forkompinda Malinau,
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Pusaka Kaltara, Anwar Rasidi, Ketua DPC Pusaka Malinau, Abdul Samad, perwakilan Ketua DPC Pusaka Tarakan dan para tokoh adat serta tokoh masyarakat di Kabupaten Malinau.

Wabup Jakaria menjelaskan, Pusaka ialah organisasi yang terbentuk dengan perjalanan yang panjang.

“Sebagai organisasi yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, maka seluruh anggota Pusaka wajib menjaga dan mempertahankan NKRI, teristimewa menjaga keutuhan Kabupaten Malinau,” ucapnya dalam sambutan.

Ia menyebutkan, Pusaka adalah wadah untuk menghimpun setiap aspirasi masyarakat yang merupakan suku Asli Kalimantan.

“Kami (Pemerintah Daerah) sangat mengapresiasi kegiatan pengukuhan DPAC Pusaka Malinau. Kita harapkan selain terbentuk nya kepengurusan organisasi, Pusaka juga harus mampu menjadi wadah berbagi pengalaman dan berperan dalam pembangunan Kabupaten Malinau,” ungkapnya.

Menurutnya, Pusaka juga harus dapat membina dan melanjutkan eksistensi Suku Asli Kalimantan dalam peran yang konstruktif.

Dengan kehadiran Pusaka, Wabup Jakaria berharap bisa berkontribusi dan lebih membangkitkan rasa cinta tanah air dan menggalang persatuan di daerah.

“Peran semua anggota Pusaka dalam menjaga keamanan perlu ditingkatkan. Demi terjaganya perdamaian di Malinau dengan lebih peka mencermati isu-isu negatif, yang berpotensi menimbulkan konflik dan pertikaian di dalam kultur masyarakat Malinau,” imbuhnya.

Reporter: A. Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.