Booster jadi Syarat Mudik Lebaran, Dandim Ajak Warga Datangi Tempat Vaksinasi

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Komandan Kodim 0910 Malinau, Letkol Inf Sofwan Nizar berharap dengan adanya kebijakan Pemerintah Pusat yang mensyaratkan vaksinasi Covid-19 booster sebagai syarat mudik lebaran tahun ini, bisa memicu animo masyarakat untuk divaksin.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat sudah mengizinkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing, dengan syarat sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama, kedua dan booster.

Untuk mendukung kebijakan dari Pemerintah Pusat dan menindaklanjuti arahan Panglima TNI, pihak Kodim 0910 Malinau bersama Satuan Yonif 614/Raja Pandhita kembali menggelar serbuan vaksinasi bagi masyarakat untuk dosis lengkap maupun booster.

Kegiatan vaksinasi yang berlangsung dari Pukul 09.00 – 12.30 Wita bertempat di depan Pasar Pelangi, Desa Malinau Kota, Selasa (5/4/2022).

Serbuan vaksinasi tersebut juga banyak menarik minat masyarakat untuk divaksinasi.

“Menindaklanjuti perintah langsung Bapak Panglima TNI, khususnya pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadhan tetap akan kita laksanakan semaksimal mungkin,” ucap Komandan Distrik Militer 0910 Malinau, Letkol Inf Sofwan Nizar.

Ia mengungkapkan, ada beberapa strategi yang diterapkan jajaran Kodim 0910/Malinau dalam pelaksanaan vaksinasi khususnya guna meningkatkan capaian vaksinasi dosis 3 (booster) di wilayah Kabupaten Malinau.

“Langkah yang kami lakukan antara lain, kita gencarkan layanan vaksinasi utamanya di pintu-pintu masuk wilayah. Seperti di Pelabuhan Speed, Bandara dan Pos Pemantauan di Desa Sesua dan Desa Seruyung,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga gencar mendatangi tempat-tempat berkumpulnya masyarakat seperti Pasar dan Cafe-cafe.

Diketahui, kegiatan vaksinasi yang melibatkan tenaga kesehatan gabungan dari Kodim 0910/Malinau dan Satuan Yonif 614 Raja Pandhita tersebut mencapai jumlah sasaran 132 orang dan menyediakan 3 jenis vaksin diantaranya Sinovac, Moderna dan Pfizer.

Dengan rincian dosis 1 sebanyak 5 orang, dosis 2 sebanyak 15 orang dan dosis 3 sebanyak 112 orang.

untuk lebih meningkatkan cakupan, pihak Kodim 0910 Malinau juga akan melaksanakan layanan vaksinasi di beberapa Masjid setelah pelaksanaan sholat Tarawih.

Dandim 0910/Malinau, Letkol Inf Sofwan Nizar menyebutkan, hal itu merupakan strategi guna mendukung kebijakan Pemerintah dalam percepatan vaksinasi masyarakat termasuk vaksin booster jelang pelaksanaan mudik lebaran.

“Ini semua kita lakukan untuk memberikan pelayanan vaksinasi pada seluruh masyarakat Malinau, sehingga dengan mudah mendapatkan vaksin secara gratis,” imbuhnya.

Reporter: A. Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.