MTQ Ke- 18 Tingkat Kabupaten Malinau Dibuka, Ketua LPTQ : Upaya Bentuk Generasi Muda Qur’ani

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Malinau ke- XVIII resmi dibuka, pada Selasa (31/5/2022) pagi.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Malinau, Wempi W Mawa S.E.,M.H, di Balai Adat Tidung, Malinau Seberang.

Dalam kesempatannya, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Malinau, H. Edy Marwan berharap kegiatan MTQ bisa berjalan baik dan lancar hingga penutupan.

“Kita berharap pelaksanaan kegiatan MTQ ke- XVIII tingkat Kabupaten Malinau ini bisa berjalan lancar hingga malam puncak nantinya pada tanggal 3 Juni 2022 mendatang,” terangnya, Selasa (31/5/2022).

Ia menambahkan, kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Malinau yang mengusung tema “Kita Wujudkan Kabupaten Malinau yang Ber-Akhlaqul Qarimah” tersebut merupakan upaya pihaknya untuk membentuk generasi muda Qur’ani.

“Pelaksanaan MTQ pada kesempatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan generasi muda Islam yang mengarah pada pengembangan kompetensi sumber daya manusia yang berbasis Al Qur’an,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, pelaksanaan MTQ bukan hanya sekedar perlombaan Tilawatil Qur’an semata. Namun yang terpenting menurutnya adalah bagaimana nilai-nilai ajaran Islam yang ada dalam Al Qur’an.

“Sehingga penghayatan pendalaman dan aplikasinya diharapkan melahirkan sumber daya manusia yang memiliki akhlak yang baik dan berkarakter,” imbuhnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa maksud dan tujuan MTQ ini adalah untuk membumikan Al Quran di tengah-tengah masyarakat sehingga harapan dan sasaran semua dapat tercapai yakni masyarakat yang cerdas, terampil, memiliki disiplin ilmu yang dapat menjadi teladan yang baik bagi masyarakat sekitarnya.

“Disamping itu pula, melalui MTQ ini, tentunya diharapkan lahir para qari/qariah, hafidz/hafidzah, murattil/murattilah, mufassir/mufassirah yang dapat di unggulkan,” tambahnya.

Melalui kompetisi tersebut, kedepan diharapkan dapat muncul juara-juara yang akan mengangkat harkat dan martabat Kabupaten Malinau guna persiapan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Utara yang akan digelar di Kabupaten Bulungan dalam waktu dekat.

Pada kesempatan itu, H. Edy Marwan yang juga Ketua MUI Malinau pun turut mengajak seluruh peserta dan masyarakat yang hadir agar tetap disiplin menerapkan protokol selama pelaksanaan MTQ berlangsung hingga hari penutupan.(**)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.