Penyaluran Bantuan bagi PKL, Bupati : Stimulus untuk Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Sebanyak 2.000 pedagang di Kabupaten Malinau secara bertahap telah menerima Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) yang bertempat di Aula Makodim 0910 Malinau, pada Rabu (18/5) lalu.

Secara simbolis penyaluran bantuan dibuka oleh Bupati Malinau Wempi W Mawa, yang diwakili Asisten III bidang Administrasi Umum, Drs. Tan Irang M.AP didampingi jajaran pejabat Kodim 0910 Malinau.

Penyaluran bantuan tunai yang diberikan oleh TNI Komando Distrik Militer (Kodim) 0910/Malinau kepada ribuan Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) Minyak Goreng Tahun 2022 yakni sebesar 300.000,-/KK untuk wilayah Kabupaten Malinau.

Distribusi bantuan tersebut berlangsung di 3 lokasi diantaranya, untuk wilayah Kecamatan Malinau Kota dan Kecamatan Malinau Utara bertempat di Aula Makodim 0910/Malinau dengan jumlah penerima 1232 KK.

Kemudian, untuk wilayah Kecamatan Malinau Selatan penyaluran berlangsung di Markas Koramil 0910-06/Malinau dengan jumlah penerima 285 KK. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Malinau Barat, Kecamatan Mentarang, Kecamatan Mentarang Hulu dan Kecamatan Sungai Tubu berlangsung di Markas Koramil 0910-07/Mentarang dengan jumlah penerima 483 KK.

Dalam kesempatannya, Bupati Malinau, Wempi W Mawa mengatakan, bantuan tunai program bantuan kepada pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW) ini adalah bentuk dukungan atau kompensasi Pemerintah terhadap para pelaku usaha mikro atas dampak yang dirasakan terkait pandemi Covid-19, yang melanda Indonesia dan hampir seluruh Negara didunia.

Ia menyebutkan, program bantuan bagi pedagang kaki lima dan warung ini diharapkan dapat memberi stimulus untuk kembali menggerakan ekonomi masyarakat, khususnya ditingkat bawah.

“Untuk seluruh masyarakat penerima bantuan, saya harapkan agar kembali tetap bersemangat. Gunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan sesuai kebutuhan,” ucapnya, Jum’at (20/5/2022).

“Tetaplah optimis dan bekerja keras demi peningkatan perekonomian keluarga serta masyarakat Kabupaten Malinau secara keseluruhan,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya pun tidak lupa menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Kodim O910/Malinau atas kerja keras dan sinergitas dengan Pemerintah Daerah selama ini.

Terlebih dalam rangka penyaluran bantuan BTPKLW Tahun 2022 untuk pemulihan ekonomi masyarakat di tingkat bawah.

Ia berharap, semoga hubungan baik yang telah terjalin selama ini semakin erat demi kesejahteraan seluruh masyarakat di Kabupaten Malinau.

“Semoga dengan adanya bantuan tunai ini para pelaku UMKM di Malinau dapat meningkatkan penjualan, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Terpisah, sementara itu Komandan Kodim 0910/Malinau, Letkol Inf Sofwan Nizar menambahkan, bahwa kebijakan ini merupakan salah satu wujud upaya Pemerintah dalam merespon langka dan mahalnya bahan kebutuhan pokok utamanya komoditas minyak goreng yang terjadi belakangan ini.

“Penyaluran bantuan tunai BTPKLW ialah program yang digagas Pemerintah melalui Markas Besar TNI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Ia membeberkan, pihaknya di jajaran Kodim 0910/Malinau mendapat perintah menyalurkan sebanyak 2000 KK di wilayah Kabupaten Malinau. Sehingga ditargetkan pelaksanaan penyaluran bantuan akan berlangsung selama 3 hari. Terhitung dari 18 hingga 20 Mei dengan pelaksanaan setiap hari hingga pukul 21.00 WITA.

“Kami pastikan masyarakat penerima BTPKLW itu merupakan data yang akurat dan tepat sasaran sehingga akan membantu meringankan beban perekonomian masyarakat,” tutupnya.(**)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.