Home Kaltara Polres Malinau Kirim Bantuan dan Personel Tangani Bencana Banjir

Polres Malinau Kirim Bantuan dan Personel Tangani Bencana Banjir

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Polres Malinau menurunkan personilnya untuk membantu penanganan bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Malinau.

Selain mengirim personel, pihaknya juga mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak banjir.

Sebelumnya, bencana banjir akibat intensitas curah hujan yang tinggi mengakibatkan meluapnya air Sungai dan merendam rumah-rumah warga di beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Malinau.

Dengan kondisi air yang masih menggenang, tidak menyurutkan langkah personil Sat Samapta Polres Malinau dan Polsek Malinau Utara untuk melakukan penanganan dan menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji untuk korban banjir di beberapa desa, salah satunya di wilayah Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Minggu (22/5/2022).

Kapolres Malinau AKBP Reza Pahlevi melalui Kapolsek Malinau Utara Ipda Joko Subagyo mengatakan, pertolongan terhadap korban banjir yang dilakukan pihaknya merupakan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang bersinergi dengan BPBD, Tagana dan warga Kabupaten Malinau.

“Bantuan logistik berupa paket makanan siap saji kami berikan langsung dengan mendatangi satu persatu rumah warga yang terendam banjir mengunakan perahu karet,” ujar Joko Subagyo usai mendatangi beberapa warga yang terdampak banjir.

Ia menyebutkan, melihat situasi dilapangan sudah mulai ada akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan yang berdampak kepada warga tidak bisa belanja kemana-mana di tengah banjir ini.

“Semoga bantuan ini bisa sedikit membantu, minimal dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir,” tuturnya.

Kapolsek Malinau Utara yang pada saat kegiatan peninjauan titik banjir didampingi Kasat Samapta Polres Malinau Iptu Urip Basuki juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak panik dan selalu waspada terhadap keamanan peralatan elektronik.

“Waspada dengan kondisi banjir saat ini, baik dalam pengawasan barang-barang elektronik, alat kelistrikan maupun mengawasi anak-anak,” imbuhnya.

Sementara itu, terlihat Wakapolres Malinau Kompol Lafrin Tambunan juga turut meninjau lokasi banjir di beberapa Kecamatan di Kabupaten Malinau yang didampingi oleh Kabag Ops Polres Malinau AKP Oman Purnama Abdurrohman.

Disela-sela peninjauannya, Wakapolres Malinau mengatakan, selain wilayah Kecamatan Malinau Utara, debit air Sungai Malinau yang saat ini mengalami peningkatan dan merendam sejumlah ruas jalan maupun permukiman warga juga terjadi di wilayah Kecamatan Malinau Barat, Malinau Kota dan Mentarang.

“Hingga saat ini personil Polres Malinau dan Polsek jajaran saling membantu aktivitas warga dan memonitoring perkembangan debit air di wilayah rawan banjir seperti Kecamatan Malinau Barat, Malinau Kota dan Mentarang,” terangnya.

Ia menambahkan, berbagai tindakan yang sudah dilakukan oleh personil Polres Malinau dan Polsek jajaran yaitu membantu mengevakuasi barang-barang warga dan mengajak warga masyarakat yang masih melaksanakan kegiatan untuk segera ke tempat yang lebih aman dari genangan banjir.(**)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved