Diduga Akibat Bakar Sampah, Api Menjalar ke Tumpukan Ban Bekas

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Asap hitam tebal yang berasal dari tumpukan Ban Bekas di dalam kawasan perusahaan PT. Kayan Lestari sempat membuat heboh warga sekitar.

Beruntung Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Malinau berhasil memadamkan api yang membakar tumpukan ban bekas dan hampir merambat ke lahan kosong milik PT. Kayan Lestari, di Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Sabtu (18/6/2022) siang.

Penyebab kebakaran diduga karena warga sempat membakar sampah dan merembet ke tumpukan ban bekas.

Saat dikonfirmasi, Kasat Pol PP, Damkar & Linmas Malinau, H. Kamran Daik melalui Kasi Pencegahan & Pengendali Damkar Malinau, Rury Ahmad Sururie menerangkan, pihaknya menerima laporan kejadian sekitar pukul 14.40 WITA dan api sudah dalam keadaan besar.

Pihaknya pun menerjunkan 14 personel dan sejumlah armada diantaranya, 1 unit Mobil Fire Truck Sektor Induk dan 1 Unit Mobil Commando PMK Sektor Induk.

Terkait kronologi awal kebakaran, Rury Ahmad Sururie menjelaskan, bahwa salah satu penjaga tempat perusahaan PT. Kayan Lestari bernama Agus, siang tadi berniat melakukan pembakaran sampah di area perusahaan. Namun, karena cuaca yang cukup panas api pun mulai merambat ke tempat penyimpanan Ban Bekas dan api sudah tidak bisa dikendalikan olehnya.

“Penyebabnya diduga ada warga membakar sampah di area perusahaan dan mengenai tumpukan ban bekas,” ucapnya.

Rury menyampaikan, sejumlah armada pemadam dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.(**)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.