dr Ali M ATMO: CAFE KERIS RAKYAT Dongkrak 1,8 juta Kuliner Indonesia Naik Kelas Sejahtera Berkeadilan

JAKARTA, NSWARAKALTARA.COM – Dalam rangka mendampingi ekonomi rakyat dari hulu hingga hilir sehingga mampu maju berkembang dan unggul di negeri sendiri dan dalam percaturan global di era apa pun pada hari Jumat 3 Juni 2022 telah diletakkan Batu Permata Keberadaan CAFE KERIS RAKYAT (CKR) di Pondok Gede Center Jakarta sebagai wujud nyata komitmen dari Komite Ekonomi Rakyat Indonesia Semesta (KERIS). Dan bersama komponen dan elemen bangsa yang lain kita dorong secepat-cepatnya negeri ini kembali adil dan makmur yang diridhoi Tuhan YME, Allah SWT.

CKR ini adalah bandsmark segala daya dan upaya organisasi anggota KERIS beserta pelaku ekonomi rakyat di bidang kuliner. Jadi bisa ada dimana-mana diseluruh wilayah negara RI juga di luar negeri. Oleh karena itu, HAKI CKR ini segera diadakan oleh Badan Bantuan Hukum – BBH EKONOMI RAKYAT KERIS yang dipimpin Direktur Ryanto Sirait SH MH. Sehingga tatkala ada CKR di manapun letaknya adalah usaha milik rakyat, tegas Ketua Umum KERIS, dr Ali M ATMO M Biomed yang juga Ketua Umum APKLI dan Presiden Kawulo Alit Indonesia, Jakarta, Senin 6/6/2022.

Komite Ekonomi Rakyat Indonesia Semesta (KERIS) membuka seluas-luasnya dan selebar-lebarnya kemitraan dengan segenap kekuatan di negeri ini, baik domestik mau pun asing, lokal, regional, nasional dan global untuk CKR, juga ekosistem ekonomi rakyat KERIS lainnya. Dengan pola kemitraan tripartid multi pathnership, dimana organisasi anggota KERIS berafa di garfa terdepan dan Ketua Umum KERIS hanya menanda tangani letter of intens atau perjanjian kerjasama. Dengan siapa pun, tak bedakan latar belakang agama suku ras dan etnik, baik domestik mau pun asing. Yang islam, kristen, hindu, budha, konghocu, penghayat kepercayaan kepada Tuhan YME bahkan yang ber-Tuhan-kan harapan bisa bermitra sesuai dengan fondasi dasar Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. Demikian pula dengan pihak asing. Baik Cina, Amerika, Belanda, Inggris, Jepang Korea, Brunai, Malaysia, Timur Tengah dan asing lainnya. Namun ada 3 prinsip dasar yang tidak boleh dilanggar sebagai white cross kemitraan KERIS. Pertama, prinsip kesejajaran, saya tidak ingin bahkan tidak ikhlas harkat martabat rakyat bangsa dan ekonomi negeri ini tidak sejajar dengan asing bahkan harus unggul. Kedua, diperuntukkan sebesar-besarnya mengangkat harkat martabat kemanusiaan bangsa Indonesia. Dan ketiga, digunakan sebesar-besarnya untuk memajukan, mengembangkan dan menghantarkan ekonomi rakyat unggul di negeri sendiri dan dalam percaturan global, imbuh dokter ahli kekebalan tubuh lulusan FK Unibraw Malang dan FKUI Jakarta Ali M ATMO.

Menurut mantan Ketua Umum Bakornas LKMI PBHMI 1995-1998 ini, ada lima sumber permodalan usaha CFR juga untuk ekosistem ekonomi rakyat KERIS lainnya. Pertama, Dompet Amal Produktif melalui rekening khusus DAP. Kedua, Penyertaan Modal Produktif (PMP). Ketiga, Kemitraan Produktif (KP). Ke-empat, Hibah Produktif (HP). Dan kelima, CSR Produktif, baik domestik mau pun global. KERIS optimis bisa berikan solusi terbaik permodalan yang sudah hampir 77 tahun Indonesia merdeka menjadi hambatan bagi pelaku ekonomi rakyat.

Lantas kapan, dimana dan siapa yang bisa usaha CKR ini? Mulai 3 Juni 2022 usaha CFR bisa di buka di seluruh tanah air dan di luar negeri. Baik yang sudah eksisting mau pun yang baru di bangun, KERIS targetkan hingga agustus 2023 sebanyak 1,8 juta pelaku kuliner Indonesian jadi bagian tak terpisahkan dengan CFR dengan daya dukung teknologi digital. Intinya adalah keberadaan CKR ini untuk dongkrak usaha pelaku ekonomi rakyat di bidang kuliner, apa pun jenisnya, seberapa pun skalanya mampu NAIK KELAS dan rakyat hidup sejahtera berkeadilan. Dalam waktu dekat juklak dan juknis kemitraan dan tata kelola CKR diterbitkan. InsyaAllah pada 27 Juni 2022 digelar Peresmian CKR JAKARTA Pondo Gede Center Cempaka Putih Jakarta. Minggu pertama Juli 2022 peresmian CKR LOMBOK BARAT NTB dan CKR Gunungkidul Yogyakarta pada minggu IV Juli 2022. Dan segera dibuka Pendaftaran usaha CKR melalui on line dan off line, pungkas mantan Sekretaris Lembaga Sosial Mabarrot PBNU 2000-2005 Ali M ATMO putra asli pinggir utara kali Brantas Mojokerto Jatim.(**).

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.