Pengukuhan Pengurus Pakuwaja, Wabup Jakaria : Saling Menguatkan & Komitmen dalam Tugas

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Wakil Bupati Malinau Jakaria, S.E, M.Si. menghadiri Pengukuhan Pengurus Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Kabupaten Malinau Masa Bakti 2022-2027 yang dilaksanakan di Pendopo Pakuwaja Desa Malinau Kota, pada Sabtu (18/6/2022).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, Lulus Eka Utama menyampaikan, bahwa selama pelaksanaan kegiatan pengukuhan pengurus Pakuwaja masa bakti 2022-2027 juga akan dilaksanakan kegiatan Pagelaran Kuda Lumping sebagai hiburan masyarakat yang akan dilaksanakan pada Sabtu malam 18 Juni 2022 dan kegiatan Sunatan Masal yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 19 Juni 2022.

Kemudian, dalam sambutannya Wakil Bupati Malinau Jakaria, S.E, M.Si berpesan kepada pengurus Pakuwaja yang baru untuk saling menguatkan komitmen dalam menjalankan tugas sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

“Nantinya laksanakan program kerja dengan musyawarah terlebih dahulu, ciptakan program kerja yang relevan pada masa sekarang ini bagi peningkatan eksistensi warga Jawa yang ada di Kabupaten Malinau,” ucapnya.

“Saya berharap kepada seluruh jajaran pengurus Pakuwaja Kabupaten Malinau untuk selalu tegak lurus dalam mendukung visi misi dan program inovasi pemerintah daerah. Agar secara bersama-sama kita mampu membawa perubahan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Intimung yang kita cintai ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pakuwaja terpilih masa bakti 2022-2027 Dr. H. Aan Hartono, S.ST., M.Si. dalam sambutannya mengatakan sebagai Ketua Pakuwaja terpilih ia bersama pengurus mengusung visi “Sinergi Pakuwaja untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Malinau yang maju, mandiri dan sejahtera”.

“Dengan mengusung visi tersebut tentu wajib bagi kita seluruh warga Jawa untuk mendukung pelaksanaan program Pemerintah Daerah yang saat ini dipimpin oleh Bapak Wempi W Mawa dan Jakaria, terkhusus melalui 5 program unggulannya,” ujarnya.

Diketahui, Pengukuhan Pengurus yang dilakukan diantaranya ialah, Pengurus Pakuwaja Cabang Malinau Kota, Malinau Utara, Malinau Barat dan Cabang Malinau Selatan. Lalu, Pengukuhan Pengurus sayap organisasi Pakuwaja yang terdiri dari 3 kelompok diantaranya, Pandawa (Pemuda Jawa), Srikandi (Sayap Wanita Pakuwaja) dan PKKJ (Persekutuan Keluarga Kristen Jawa). Kemudian, pengukuhan pengurus Pilar Kebhinekaan Pakuwaja Malinau.

“Dari keseluruhan Pengukuhan Pengurus itu terdiri dari 8 Pilar Kebhinekaan yang baru dilantik, 3 Sayap Organisasi dan 4 Cabang. Kedepan untuk Pilar Kebhinekaan diharapkan pasti bertambah jumlahnya. Nanti, mereka akan membentuk masing-masing Pilar tersebut,” katanya.

Dr. H. Aan Hartono mengakui, dalam menjalankan sebuah organisasi memanglah tidak mudah, banyak permasalahan yang datang khususnya dalam perbedaan berpendapat. Sehingga diperlukan kerjasama dan kekompakan dalam menyelesaikan permasalahan maupun perbedaan yang ada.

Ia menekankan, dalam terbentuknya Pilar Kebhinekaan bertujuan untuk mengetahui keragaman budaya agar lebih nyata.

“Tidak hanya keragaman seni budaya, tapi juga kuliner. Karena kita tahu misalkan kulinernya orang Surabaya saja dengan orang Semarang kan pasti berbeda. Jadi, nanti ketika ada pameran budaya, kita akan mudah melihat penampilan budaya & kuliner yang khas dari masing-masing daerah,” ungkapnya.

“Jadi lebih terlihat keberagaman dan keunikannya,” tambahnya.

Ia pun menargetkan dalam pertunjukan seni budaya yang difasilitasi Pemerintah Daerah ditampilkan secara bergiliran pada setiap bulan, pihaknya sangat siap menampilkan semua keunikan dan keragaman budaya yang dimiliki Suku Jawa.

“Target kedepan salah satunya ialah menampilkan yang terbaik dalam pertunjukan seni di Padan Liu’Burung nanti. Kemudian, selalu mendukung program kerja dan visi-misi Pemerintah Daerah. Karena visi kami di Pakuwaja akan selalu mendukung terciptanya Kabupaten Malinau yang maju, mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.(**)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.