Layanan Vaksinasi Ramai Didatangi Warga, Nakes : Banyak Yang Mau Vaksin Booster

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dinas Kesehatan Malinau melalui UPTD Puskesmas Tanjung Lapang bersama Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kaltara kembali menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 baik dosis 1, 2 maupun 3 atau Booster bagi masyarakat Kabupaten Malinau.

Kali ini, UPTD Puskesmas Tanjung Lapang bersama BINDA Kaltara menggelar Vaksinasi di Pasar Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Rabu (21/9/2022) pagi.

Dari pantauan dilapangan, sejak pagi sejumlah warga telah memadati area Pasar Tanjung Lapang, mengantre untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (Booster).

Tenaga Vaksinator Puskesmas Tanjung Lapang, dr. Guntur Indrayadi mengatakan, berkat kerjasama yang baik dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kaltara pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat kembali digelar.

“Hari ini bekerjasama dengan BINDA Kaltara kembali kita lakukan Vaksinasi Dosis 1, 2 dan Booster ke masyarakat di daerah Tanjung Lapang. Hari ini kita sudah dapat capaian sejumlah 42 orang,” ucapnya usai pelaksanaan vaksinasi.

Diketahui, vaksin yang tersedia ialah jenis Pfizer (untuk 12 Tahun ke atas) dan dipergunakan bagi Dosis 1, 2 dan Booster.

Terkait dengan kendala selama pelaksanaan vaksinasi, ia menyebut secara keseluruhan tidak ada hambatan yang berarti. Hanya saja kurangnya edukasi kepada masyarakat terhadap Vaksin Booster pada jenjang usia.

“Banyak orang yang masih bingung terhadap vaksin Booster, apakah boleh diberikan pada usia di bawah 12 Tahun atau tidak. Kendalanya hanya itu, dan ketika masyarakat datang ke Layanan Vaksinasi pun kami pasti berikan penjelasan,” katanya.

Mengenai adanya beberapa warga yang masih harus mengulang dosis vaksin, dr. Guntur menyebut jumlahnya tidak begitu banyak. Karena masyarakat juga banyak yang peduli terhadap kesehatannya, terlebih saat ini Booster menjadi syarat perjalanan apabila keluar daerah.

Ia pun mengimbau meski saat ini angka penularan Covid-19 telah menurun, namun diharapkan masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan, meningkatkan imunitas tubuh dengan hidup bersih dan sehat.

“Jangan lupa apabila kita belum vaksinasi dosis lengkap, maka usahakan ikut vaksin. Karena itu adalah upaya kita bersama untuk benar-benar memutus penularan Covid-19 secara tuntas,” imbuhnya.(**)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.