Home Kaltara Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan, Dinkes Malinau Gencarkan Layanan Vaksinasi

Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan, Dinkes Malinau Gencarkan Layanan Vaksinasi

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Jadi syarat utama dalam melakukan perjalanan ke luar daerah, vaksin booster jadi serbuan warga yang akan melakukan perjalanan, baik melalui jalur laut maupun udara.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya warga yang mengikuti vaksinasi Booster di Taman Jojok Desa Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara, Jum’at (23/9/2022).

Seorang warga, Suyanto yang bekerja pada salah satu proyek pembangunan jalan di wilayah Paking mengatakan, ia sengaja datang ke gerai vaksin untuk mendapatkan vaksin ke tiga (booster) dan digunakan sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan.

“Rencananya setelah habis kerjaan pak saya dan kawan yang lain mau balik ke Jawa. Makanya kami ikut vaksin. Supaya tidak di persulit nantinya. Tapi tadi kata petugasnya harus mengulang vaksin dulu, soalnya saya vaksin kedua 6 bulan yang lalu,” ujarnya sambil mengantre suntikan vaksin, Jum’at (23/9/2022).

Sementara itu, Tim Pelaksana Vaksinasi Puskesmas Malinau Seberang, pada Dinas Kesehatan P2KB Malinau, dr. Janris Sitompul mengatakan, kesadaran dan minat masyarakat akan vaksinasi cukup tinggi. Maka pihaknya pun bersama Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kaltara, kembali membuka layanan vaksin di ruang publik.

“Kami mencoba untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, maka kami bersama Binda Kaltara kembali membuka layanan vaksinasi di ruang publik. Hari ini tetap dipusatkan di Taman Jojok, Desa Malinau Seberang,” ucapnya.

Ia menyebut terkait sasaran pihaknya membuka layanan vaksin untuk masyarakat secara umum usia 12 Tahun keatas.

Namun, karena sebagian besar masyarakat telah divaksin dosis 2, maka vaksinasi Covid-19 hari ini diutamakan bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Booster.

Adapun jenis vaksin yang disediakan pihaknya, ialah vaksin jenis pfizer dan Jhonson.

Ia menyebut pasokan vaksin yang ada saat ini merupakan bantuan vaksin dari Binda Kaltara.

Kemudian, terkait jumlah warga penerima vaksin diantaranya, Dosis 1 berjumlah 10 orang, lalu Dosis 2 berjumlah 8 orang, dan Dosis 3 (Booster) berjumlah 38 orang.

“Untuk hari ini masyarakat banyak yang mencari Dosis vaksin Booster. Total keseluruhan ada 56 warga yang telah menerima suntikan vaksin. Karena, sebagian besar alasannya untuk kelengkapan administrasi apabila ingin keluar daerah,” imbuhnya.

Ia menambahkan, program vaksinasi kali ini merupakan kegiatan yang kesekian kali dari yang telah dijadwalkan oleh Dinas Kesehatan Malinau melalui UPTD Puskesmas Malinau Seberang bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kaltara.

Sebelumnya, vaksinasi Booster di wilayah Malinau Seberang memang telah diselenggarakan beberapa kali. Kendati begitu antusias warga tetap tinggi.

Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan capaian vaksinasi dosis 1,2 maupun Booster agar lebih optimal.(**)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved