Home Kaltara Program TMMD Wiltas Ke- 115 Menjawab Harapan Masyarakat Dalam Pembangunan Desa

Program TMMD Wiltas Ke- 115 Menjawab Harapan Masyarakat Dalam Pembangunan Desa

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM -Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0910 Malinau yang tahun ini menyasar 3 wilayah desa di Kabupaten Malinau sangat memberikan dampak positif bagi warga.

Program TMMD ini diselenggarakan guna mempercepat pembangunan di daerah dan meningkatkan kemandirian, serta mensejahterakan masyarakat dalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan TMMD tahun ini, terdapat 3 wilayah yang menjadi sasaran fisik maupun non fisik, yakni Seluwing Desa Malinau Kota, Kuala Lapang dan Tanjung Lapang.

Hal ini pun mendorong sekaligus menjawab harapan warga dalam perbaikan sarana infrastruktur di desa agar lebih maju untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bapak Stevanus, warga Kampung Timur, Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat, saat ditemui kediamannya, pada Sabtu (29/10/2022), mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada TNI khususnya Kodim 0910 Malinau dan Pemerintah Daerah atas terselenggaranya TMMD ke- 115 di Desa Kuala Lapang.

“Dengan adanya program TMMD ini masyarakat disini sangat terbantu. Puji Tuhan, kami sampaikan sangat berterimakasih kepada jajaran TNI 0910 Malinau dan Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Stevanus yang mewakili warga Kampung Timur, Desa Kuala Lapang pun mengungkapkan rasa senangnya atas hadirnya program TMMD ini. Karena selain adanya pembukaan akses jalan menuju perkotaan, warga pun mendapatkan realisasi pembangunan Sumber Air Bersih yang sejak dulu menjadi kebutuhan warga.

Selain pembukaan akses jalan bagi warga, salah satu yang menjadi atensi dalam pelaksanaan TMMD ke-115 ini ialah kebutuhan masyarakat terhadap akses air bersih. Diketahui, air bersih di wilayah sasaran tepatnya di Kampung Timur Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat sangat sulit dijangkau.

Namun kini, dengan program TNI AD Manunggal Air Bersih warga di Kampung Timur sudah mendapatkan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sebelumnya untuk kebutuhan sehari-hari kami hanya menggunakan air sumur dan untuk air bersih seperti minum atau mandi kami harus mengambil di Kuala Lapang sana. Itu cukup jauh juga jalannya,” ucap Stevanus.

Ia berharap setelah tuntasnya program TMMD ini dilaksanakan, kebutuhan masyarakat yang lain seperti akses listrik juga bisa terpenuhi.

“Yang menjadi kebutuhan warga disini ya itu pak, pembukaan akses jalan, lalu air bersih untuk minum dan mandi serta jaringan listrik. Kalau sekarang kami hanya pake aliran listrik dari tenaga Surya,” imbuhnya.

Sementara itu, selama proses pengerjaan TMMD Tim Wasev Mabes TNI AD pun berkesempatan untuk monitoring langsung sasaran Fisik TMMD ke- 115 di Kabupaten Malinau.

Kedatangan Tim Wasev Mabes TNI Angkatan Darat di Bumi Intimung, Jum’at (28/10) kemarin, yang diketuai oleh Kadispenad Brigjen TNI Hamim Tohari,M.A didampingi Kabaginfo Medlek Dispenad, Letkol Inf Yulius Mentri Sarungallo telah melakukan monitoring ke daerah sasaran fisik pelaksanaan gelaran TMMD Wiltas 115 Kodim 0910/ Malinau.

Dalam kunjungannya Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Hamim Tohari, M.A juga berkesempatan berinteraksi dengan sejumlah warga dan jajaran perangkat desa setempat.

Dengan akses jalan yang licin dan masih dalam proses pengerjaan, kunjungan itu turut didampingi Dansatgas TMMD Wiltas 115 Kodim 0910/Malinau Letkol Inf Bambang Wijayadi untuk melakukan peninjauan langsung khususnya melihat progress pengerjaan sasaran fisik sesuai dengan rencana kegiatan yang sebelumnya sudah dipaparkan.

Seperti yang diungkapkan Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Hamim Tohari, M.A, pihaknya mengapresiasi kinerja Satgas TMMD Wiltas 115 Kodim 0910/Malinau yang dinilainya cukup efisien dan sesuai perencanaan dalam pengerjaan berbagai sasaran fisik pada 3 wilayah desa sasaran.

Ia pun berpesan kepada seluruh prajurit terutama yang menjadi bagian dari Satgas TMMD Wiltas 115 Kodim 0910/Malinau, untuk tetap menjaga hubungan baik dengan warga sekitar hingga nanti meninggalkan lokasi sasaran saat semua pengerjaan selesai.

“Selain pembukaan akses jalan, kami melalui program Bapak KASAD yakni TNI Manunggal Air Bersih juga turut merealisasikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Kunjungan Tim Wasev Mabes TNI Angkatan Darat ini pun mendapatkan sambutan hangat baik dari jajaran Perangkat Desa maupun warga di lokasi sasaran.(**)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

Postingan Terbaru

DPC Partai Demokrat Malinau Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Tahun 2024 Buka Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2025, Bupati Harap Menjadi Keputusan Bersama Jangka Panjang Bupati Malinau Pimpin Rapat Intimung Tahun 2024 Wabup Jakaria Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Kayan 2024 Jelang Idul Fitri Bupati Malinau Serahkan 461 SK PPPK Formasi Tahun 2023 Sekda Ernes Silvanus Hadiri Sertijab Ketua TP PKK Kecamatan Serta Pengukuhan Bunda Paud & Bunda Literasi © 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved