Wabup Jakaria Resmi Tutup Lomba Balap Ketinting dalam Rangka HUT Ke-23 Kabupaten Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Wakil Bupati Malinau, Jakaria S.E.,M.Si menutup secara resmi Lomba Balap Ketinting dalam Rangka HUT Ke-23 Kabupaten Malinau di Siring Seluwing, Kecamatan Malinau Kota, Sabtu (29/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Malinau memberikan apresiasi kepada para panitia dan menyambut baik atas digelarnya Lomba Balap Ketinting tersebut.

Karena menurutnya, Lomba ini selain merupakan olahraga tradisional yang sangat menarik antusias masyarakat sekaligus dapat menjadi daya tarik wisatawan dan menambah potensi ekonomi UMKM masyarakat sekitar.

Pada penutupan Lomba Balap Ketinting ini, selain masyarakat kegiatan juga turut dihadiri perwakilan jajaran Forkopimda Malinau, anggota DPRD Malinau, Camat Malinau Kota, Kepala Desa dan dan para Ketua RT setempat.

Sebelumnya,Ketua Panitia Suhedi Abdullah Sagap menjelaskan, pelaksanaan Lomba Balap Ketinting ini diikuti oleh 151 peserta dan dibagi menjadi 5 kategori.

“Secara keseluruhan ada 5 kategori yang dilombakan, diantaranya Kelas Nelayan 44 peserta, Kelas 6-7 PK Lokal 26 peserta, Kelas 4 Meter Lokal 28 peserta, Kelas 6-7 PK Open 43 peserta, Kelas Open 13-18 PK 10 peserta. dan kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dimulai pada tanggal 27 hingga 29 Oktober 2022 hari ini,” tegasnya.

Wakil Bupati Malinau, Jakaria S.E.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan, apabila masyarakat terhibur dengan Lomba Balap Ketinting yang telah digelar, maka kedepannya Pemerintah Daerah merencanakan akan melaksanakan kembali event ini di tahun depan.

“Saya pastikan bahwa tahun depan dalam rangka perayaan Hari Jadi Kabupaten Malinau yang ke- 24 tahun 2023, di bulan Oktober insyaallah Lomba Balap Ketinting ini akan kita gelar kembali dan lebih kita semarakkan lagi,” ujarnya.

“Mungkin nanti panitia dapat berkoordinasi dengan Bapak Sekda Lomba Balap Ketinting jenis apalagi yang akan kita lombakan di tahun depan. Karena Bapak Bupati sudah mengatakan bahwa tahun 2023 kita akan melaksanakan perayaan Irau dalam rangka HUT Malinau yang Ke-24 Tahun,” tambahnya.

Ia menilai, dengan adanya perlombaan Balap Ketinting ini semangat masyarakat yang mayoritas nelayan baik yang berada di Kabupaten Malinau maupun luar kabupaten sangat antusias luar biasa.

“Karena jika kita lihat setelah beberapa kali Lomba Balap Ketinting dilaksanakan, pasti selalu menarik animo masyarakat dan peserta yang cukup besar,” ungkapnya.

Kepada para seluruh peserta utamanya para juara Balap Ketinting pada HUT Ke-23 Kabupaten Malinau ini, Wabup Jakaria berpesan baik yang sudah menjadi juara maupun yang belum menjadi juara ini hanya masalah waktu dan kesempatan serta rezeki masing-masing orang.

Karena tadi pun saat perlombaan berlangsung, tambahnya, peserta yang di posisi terakhir pun masih bisa dapat juara. Hal itu karena kesabarannya sehingga dapat meraih juara.

Ia berharap kedepan, para peserta atau joki Balap Ketinting dapat terus meningkatkan motivasi dan keterampilan dalam mengendarai sebuah Perahu Ketinting.

Ia menyebutkan, semoga ditahun depan Lomba Balap Ketinting akan lebih meriah digelar. Sehingga kehidupan bermasyarakat tetap terjalin dan roda perekonomian UMKM masyarakat sekitar dapat berjalan dan tumbuh.

Pertumbuhan ekonomi khususnya UMKM masyarakat adalah salah yang menjadi prioritas Pemerintah Daerah, kata dia, agar lebih mendorong Perekonomian Kabupaten Malinau bangkit kembali.

“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat Malinau tetap jaga kekompakan, ketenangan dan semangat gotong royong yang tinggi untuk bersama-sama membangun Kabupaten Malinau, Bumi Intimung yang kita cintai menjadi lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya.(**)

  • swarakaltara

    swarakaltara.com portal media online kaltara

    Related Posts

    Jalin Silaturahmi, Seluruh Lapisan Masyarakat Hadiri Halal Bihalal Pemkab Malinau

    MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bertempat di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung, Pemkab Malinau kembali menggelar acara Halal Bihalal. Acara ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemkab Malinau dalam rangka menjalin…

    Bupati Wempi Lepas 52 Calon Jemaah Haji Malinau Menuju Tanah Suci

    MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Sebanyak 52 calon jemaah haji Kabupaten Malinau resmi dilepas oleh Bupati Malinau, Wempi W Mawa, S.E., M.H. Acara pelepasan dilaksanakan di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau,…

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Mungkin Kamu Melewatkan

    Jalin Silaturahmi, Seluruh Lapisan Masyarakat Hadiri Halal Bihalal Pemkab Malinau

    Jalin Silaturahmi, Seluruh Lapisan Masyarakat Hadiri Halal Bihalal Pemkab Malinau

    Bupati Wempi Lepas 52 Calon Jemaah Haji Malinau Menuju Tanah Suci

    Bupati Wempi Lepas 52 Calon Jemaah Haji Malinau Menuju Tanah Suci

    Terbang ke AS AHY Penuhi undangan Bank Dunia

    Terbang ke AS AHY Penuhi undangan Bank Dunia

    Masyarakat Adat Suku Dayak Tenggalan Malinau Usulkan Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

    Masyarakat Adat Suku Dayak Tenggalan Malinau Usulkan Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

    Apresiasi Kegiatan GOW, Bupati Harap Perempuan Malinau Semakin Inspiratif, Kreatif dan Inovatif

    Apresiasi Kegiatan GOW, Bupati Harap Perempuan Malinau Semakin Inspiratif, Kreatif dan Inovatif

    Kepungan Debu Di Area Tambang Sepanjang Pesisir Pantai  Palu Donggala. Jatam Dan Walhi Sulteng Desak Pemerintah Untuk Mengevaluasi Kegiatan Tambang Pasir Dan Batuan

    Kepungan Debu  Di Area Tambang Sepanjang Pesisir Pantai  Palu Donggala. Jatam Dan Walhi Sulteng Desak Pemerintah Untuk Mengevaluasi Kegiatan Tambang Pasir Dan Batuan