Home Kaltara Hadiri HUT Baznas Ke-22, Wabup Jakaria Harapkan Sinergitas dalam Pengembangan Ekonomi dan Kesejahteraan Umat

Hadiri HUT Baznas Ke-22, Wabup Jakaria Harapkan Sinergitas dalam Pengembangan Ekonomi dan Kesejahteraan Umat

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM -Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan lembaga pemerintah non struktural yang dimandatkan oleh Undang Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat Nasional. Dalam UU itu dijelaskan, Baznas memiliki tugas pokok dan fungsi untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejateraaan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Malinau, Jakaria S.E.,M.Si saat menghadiri Acara Syukuran Hari Ulang Tahun Badan Amil Zakat Nasional Ke- 22 Tahun yang dirangkaikan dengan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW serta Penyaluran Bantuan Program Konsumtif, bertempat di Aula SLB Negeri Malinau, Senin (27/2/2023) pagi.

Dalam sambutannya ia mengatakan, bahwa salah satu rukun islam yang mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri adalah zakat.

“Zakat memiliki potensi yang besar untuk membantu perekonomian umat. sebagaimana yang kita ketahui zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat islam. hal ini telah ditetapkan dalam al-qur’an dengan jelas. zakat tidak hanya berdimensi pada ibadah saja, tetapi juga berdimensi sosial dan ekonomi umat. dari dimensi sosial dan ekonomi inilah kajian terpenting yang harus dikembangkan secara luas, dimana zakat yang diharapkan mampu mengatasi problema kemiskinan dan kesenjangan sosial,” ucap Wakil Bupati Jakaria.

Ia menambahkan, mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau dalam hal ini, sudah melakukan berbagai upaya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan, meliputi program-program inovatif daerah, infrastruktur pendukung, peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi kerakyatan.

Namun demikian, yang perlu diperhatikan bahwa upaya ke arah itu tidak hanya sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi sangat diperlukan partisipasi, dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat.

Wabup Jakaria pun turut memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Ketua dan segenap pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Malinau yang telah bekerja secara optimal, amanah dan profesional.

Ia berharap kedepannya Baznas Malinau akan membuat dan memiliki program kerja yang senantiasa selaras dengan program Pemerintah Daerah, sehingga bersama kita bersinergi membangun Bumi Intimung.

“Semoga Baznas Malinau semakin eksis, serta mampu membangun sinergisitas dengan program-program Pemerintah Daerah. Baik itu seperti pemulihan sektor ekonomi pasca pandemi Covid-19, bidang kesehatan, pendidikan, kemanusiaan maupun kebencanaan dan pembangunan bidang dakwah serta advokasi tentang zakat kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Malinau,” imbuhnya.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved