Home Kaltara Setahun Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Malinau Gelar Siaga Pengawasan

Setahun Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Malinau Gelar Siaga Pengawasan

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM -Setahun jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Bawaslu Kabupaten Malinau menggelar kegiatan Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu. Untuk diketahui, Pemilu 2024 yang merupakan pemilihan presiden dan legislatif akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Bertempat di Gedung Pertemuan Milo Indah, sejumlah stakeholder dari Bawaslu, KPU, Kepolisian, Kejaksaan Negeri Malinau, Akademisi, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat melakukan refleksi mematangkan kesiapan menjelang Pemilu yang tepat akan dilaksanakan tahun depan, pada Selasa (14/2/2023) pagi.

Ketua Bawaslu Malinau, Donny S.Th.,M.H mengatakan, pada hari ini 14 Februari 2023 tepat satu tahun akan diselenggarakan Pemilu serentak tahun 2024, yang menjadi hari pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024.

“Waktu berjalan begitu cepat, satu tahun akan cepat dan kegiatan hari ini apel siaga pengawasan yang dilakukan Bawaslu Malinau secara bersama dan serentak dilaksanakan sekabupaten/kota se-Indonesia,” ucapnya usai kegiatan berlangsung.

Ia menyebutkan, ini merupakan bagian untuk mengingatkan bahwa Pemilu adalah milik kita yang menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa agar terselenggara dan terlaksana sesuai dengan asas pemilu langsung umum bebas rahasia dan jujur adil.

“Semoga kita semakin menyiapkan diri dari tempat masing-masing, posisi (jabatan) masing-masing untuk kemudian menyukseskan Pemilu tahun 2024,” katanya.

Ketua Bawaslu, Donny S.Th.,M.H menambahkan, pihaknya sudah melantik jajaran pengawas Pemilu tingkat kecamatan maupun desa. Jajaran petugas tersebut akan mengawasi tahapan pemilu yang tersebar di masing-masing kecamatan. Selain itu mengawasi tahapan seperti saat ini dilakukan coklit atau pemutakhiran data pemilih.

Kemudian, pada kesempatan tersebut Bawaslu Malinau meluncurkan tiga program yaitu pelibatan komunitas digital dalam mengawasi, memastikan penggunaan medsos agar tidak terpapar disinformasi hoax melalui aplikasi Bawaslu RI Jarimu Awasi Pemilu.

Selain itu, Bawaslu melakukan Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegrasi. Pada deklarasi tersebut semua tamu undangan masing-masing membubuhkan tanda tangan kesepakatan pemilu damai.

Adapun acara ketiga launching Posko Kawal Hak Pilih. “Posko ini memastikan sisi administrasi yang profesional, seluruh warga negara yang masuk ketentuan harus masuk daftar pemilih tanpa ada halangan dan fasilitas pemilu yang mumpuni maupun TPS di daerah,” imbuhnya.

Selebihnya, para stakeholder mendukung langkah Bawaslu dalam siaga pengawasan terlebih dengan tiga program yang diluncurkan.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00