Home Kaltara Buka Rapat Gabungan Forum Perangkat Daerah, Bupati : OPD Harus Membuat Perencanaan yang Efektif, Rasional dan Tepat Sasaran

Buka Rapat Gabungan Forum Perangkat Daerah, Bupati : OPD Harus Membuat Perencanaan yang Efektif, Rasional dan Tepat Sasaran

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa secara resmi membuka Forum Rapat gabungan Perangkat Daerah Tingkat Kabupaten Malinau.

Forum gabungan perangkat daerah tingkat Kabupaten ini merupakan wadah pemangku kepentingan pembangunan sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan.

Forum resmi Perangkat Daerah ini diselenggarakan dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2024 yang dilaksanakan selama dua hari di Ruang Tebengang, Kantor Pemda Malinau.

Dalam arahannya, Bupati Wempi W. Mawa menyampaikan, bahwa forum ini sangat penting untuk melanjutkan semua harapan dan semangat bersama dalam membangun Bumi Intimung kedepan serta demi tercapainya visi-misi Pemerintah Daerah pada masa yang akan datang.

“Ranwal ini harusnya tidak hanya menjadi seremonial atau rutinitas semata, tetapi bagaimana kita bisa menghadirkan pikiran-pikiran serta harapan-harapan kita dengan melihat usulan itu menjadi prioritas yang betul-betul kita butuhkan bersama,” ujar Bupati Wempi, Jum’at (10/3/2023).

Melalui forum ini, Bupati Wempi berharap seluruh Perangkat Daerah dapat merumuskan solusi dari berbagai permasalahan yang mendasar, utamanya dalam pembangunan didukung dengan data dan informasi yang akurat serta dianalisa dengan baik dan benar.

“Perangkat Daerah harus mampu membuat perencanaan pembangunan yang sesuai untuk merumuskan kebijakan program dan kegiatan yang efektif, rasional dan tepat sasaran serta berdampak langsung pada tumbuh kembangnya aktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang (Bappeda Litbang) Drs. Agustinus turut menyampaikan, bahwa dalam forum ini ada beberapa hal yang akan dibahas.

Diantaranya seperti sinkronisasi pelaksanaan urusan Pemerintah Daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Lalu, membahas rancangan awal prioritas Perangkat Daerah bersama dengan jajaran Perangkat Daerah lainnya bersama pemangku kepentingan yang terkait dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

Kemudian, hasil pembahasan tersebut akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan dan akan dibahas kembali pada Musrenbang RKPD Kabupaten Malinau.

Diketahui, forum yang dilaksanakan pada hari Kamis 9 Maret hingga Jum’at 10 Maret 2023 ini juga bertujuan untuk menyelesaikan program dan kegiatan yang diusulkan oleh Perangkat Daerah. Penajaman indikator target kinerja perangkat daerah serta penyesuaian program dan kegiatan berdasarkan pagu indikatif tiap Perangkat Daerah pada lingkup Pemerintah Kabupaten Malinau.

“Tujuan forum gabungan perangkat daerah adalah menghasilkan tahapan dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten yang menampung substansi strategis aspirasi masyarakat, komprehensif dan tajam pada indikator-indikator target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah, serta mensinergikan usulan menyesuaikan prioritas dari Pemerintah Provinsi maupun Pusat,” pungkasnya.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved