Home Kaltara Dukung Pembangunan Ekonomi Hijau, Bupati Teken Kerjasama Dengan PT. Inhutani I

Dukung Pembangunan Ekonomi Hijau, Bupati Teken Kerjasama Dengan PT. Inhutani I

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau menjalin Nota Kesepahaman Bersama dengan PT. Inhutani I yang dilaksanakan di ruang Intulun, pada Selasa (28/3/2023).

Nota kesepahaman ini tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ekonomi Hijau di Kabupaten Malinau.

Penandatanganan MoU yang dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Regional PT. Inhutani I, Dedy Irawanto bersama jajarannya dan disambut baik Bupati Wempi W Mawa.

“Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kerjasama yang dilaksanakan. melalui momentum ini, besar harapan saya bahwa kita dapat mencapai pembangunan yang bertanggung jawab demi kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan dengan mengurangi resiko kerusakan lingkungan secara signifikan,” ujar Bupati Wempi dalam arahannya.

Diketahui, menurut penelitian bahwa dalam dua dekade terakhir, dampak dari kerusakan lingkungan, pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change) kian serius dan menakutkan.

Terlebih, hal tersebut menimbulkan dampak negatif yang luar biasa bagi kehidupan umat manusia. Seperti terjadinya bencana banjir, rob, pencemaran udara, air dan tanah, perubahan iklim yang ekstrim, perubahan cuaca yang ekstrim, dan lainnya terjadi dimana-mana.

Sejumlah hasil analisis menunjukkan peningkatan pemanasan global dan perubahan iklim yang disebabkan oleh semakin meluasnya kerusakan lingkungan yang di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Kegiatan pembangunan ekonomi di Indonesia lebih banyak berbasis pada sumber daya alam, mengingat Indonesia memiliki sumber daya alam yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Sebut saja hutan kayu, minyak bumi, gas bumi, batu bara, timah, emas, dan sumber daya alam lainnya. Hal inilah yang menyebabkan aspek perlindungan dan pelestarian lingkungan masih sering kali terabaikan sehingga menimbulkan beragam permasalahan lingkungan, seperti pencemaran air dan/atau udara, kerusakan kualitas tanah, kebakaran dan kerusakan hutan, alih fungsi lahan pertanian dan sebagainya.

Untuk itu, Bupati Wempi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman kerjasama dengan pihak PT. Inhutani I ini, ia ingin semua pihak dapat secara cepat dan bertanggung jawab melaksanakan tugasnya masing-masing seperti yang tertera dan terurai pada nota perjanjian kerjasama yang telah disepakati bersama tersebut.

“Mari kita bangun sinergitas serta upaya-upaya yang optimal sebagai langkah nyata serta preventif terhadap upaya pembangunan yang mengedepankan kelestarian lingkungan dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Bumi Intimung,” imbuhnya.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved