Home Kaltara Semarakkan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Wabup Jakaria Buka Kegiatan Lomba Mobil Hias & Pawai Takbiran

Semarakkan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Wabup Jakaria Buka Kegiatan Lomba Mobil Hias & Pawai Takbiran

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Wakil Bupati Kabupaten Malinau, Jakaria S.E.,M.Si membuka secara resmi penyelenggaraan Lomba Mobil Hias dan Pawai Takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah yang digelar oleh Pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Malinau.

Pada pembukaan Pawai Takbiran yang dimulai dipusatkan di Jalan Masjid Islamiq Center Malinau Seberang, turut dihadiri jajaran unsur Forkopimda Malinau, dan sejumlah OPD terkait serta para tokoh Agama dan tokoh masyarakat.

“Sungguh luar biasa, semua umat Muslim telah menuntaskan puasa bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah kita selama Ramadhan,” kata Wakil Bupati Jakaria saat membuka Pawai Takbiran, pada Jum’at (21/4/2023) malam.

Wabup Jakaria menyebutkan, Pemerintah Daerah memilik harapan besar, selama menunaikan ibadah Ramadhan, umat Muslim memanjatkan doa terbaik untuk kemajuan Kabupaten Malinau kedepan.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat menjaga toleransi di tengah keberagaman agama, suku dan ras di Bumi Intimung tersebut.

“Kebersamaan dan gotong royong menjadi salah satu kunci kemajuan suatu daerah,” ucapnya.

Pemerintah Daerah, kata dia, memiliki tugas untuk melaksanakan pembangunan. Sikap toleransi dan saling menghargai antar pemeluk agama dan keyakinan sebagai salah satu peran masyarakat dalam membantu pemerintah.

Ia menilai, kebersamaan dan sikap toleransi di kalangan umat beragama di daerah tersebut sudah teruji dan terbangun sejak lama. Ia mengajak masyarakat untuk terus menjaganya.

Sementara itu, Ketua PHBI Malinau, Muhammad Yusuf menyampaikan, tujuan diselenggarakannya Lomba Mobil Hias dan Pawai Takbiran Keliling ini bermaksud untuk menambah semarak dan meriahnya perayaan menyambut Hari Kemenangan 1 Syawal 1444 H.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk lebih menjaga kondusifitas keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan Takbiran Keliling Lebaran Idul Fitri,” katanya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan rangkaian Takbiran kali ini untuk kendaraan roda dua ditiadakan.

Diketahui, rute yang ditempuh dimulai dari Jalan Islamiq Center Malinau Seberang dan akan selesai (Finish) di Lapangan Borneo Malinau Barat.

Untuk jumlah peserta yang telah terdaftar berjumlah 28 peserta yang diikuti oleh sejumlah komunitas lintas organisasi, kerukunan, paguyuban dan DKM Masjid di Malinau.

“Panitia pelaksana telah menyiapkan uang pembinaan sebesar Rp.45 Juta Rupiah untuk 7 orang pemenang,” pungkasnya.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved