Home Kaltara Bupati Wempi Buka Musda DPD KNTI Malinau Tahun 2023

Bupati Wempi Buka Musda DPD KNTI Malinau Tahun 2023

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Malinau di Rumah Aspirasi, Jl. AMD RT. 01 Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, pada Senin (29/5/2023).

Kegiatan Musda yang mengusung tema “Menuju Masa Depan Nelayan Tradisional Harmonis dan Sejahtera” tersebut turut dihadiri M. Kadri, Kepala Dinas Perikanan Malinau, Emang Mering, Kepala Disnaker Malinau, Faridan, Kepala Dinas Pertanian Malinau, Muhd. Yusuf, Camat Malinau Kota, Rustam, Ketua DPW KNTI Kaltara, Siti Aminah, Ketua DPD KNTI Malinau, para nelayan tradisional Malinau dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatannya, Bupati Wempi W Mawa menyampaikan, melalui Musda yang digelar pasti akan ada aspirasi dan usulan yang akan dilihat Pemerintah dan disesuaikan dengan kebutuhan para nelayan.

“Jadi yang tahu kebutuhan para nelayan sudah pasti nelayan itu sendiri. Berhubungan dengan permohonan bantuan, Pemerintah Daerah pasti akan mengakomodir sesuai kemampuan anggaran dan sesuai aturan kelembagaan karena setiap bantuan yang disalurkan harus dapat dipertanggungjawabkan,” ucap Bupati dalam sambutannya.

Ia menambahkan, utamanya bagi para nelayan yang sudah mendapatkan bantuan, itu harus dimanfaatkan dengan baik.

“Semoga bantuan-bantuan yang telah tersalurkan dapat meningkatkan pendapatan dari masing-masing nelayan,” katanya.

Bupati pun berpesan, kepada Ketua dan jajaran Pengurus KNTI Malinau agar bersama-sama mengawasi ekosistem sungai.

“Karena bukan hanya berpotensi tercemar akibat dampak pembangunan maupun ulah manusia itu sendiri, apalagi adanya praktek penangkapan ikan secara ilegal yang sangat membahayakan kita semua. Hal itulah yang harus kita antisipasi bersama kedepan,” imbuhnya.

Pemerintah Daerah juga tetap membuka pintu koordinasi dengan pihak KNTI apabila berkaitan dengan permasalahan yang ditemui para nelayan. Namun, harus didukung dengan data yang baik, agar pemerintah memahami apa yang perlukan nelayan dan para pembudidaya ikan.

Sebagai Kepala Daerah, pihaknya pun mendukung penuh atas terselenggaranya Musda KNTI Malinau. “Kita siap memfasilitasi apa yang dibutuhkan para nelayan,” tuturnya.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved