Home Kaltara Bupati Wempi Buka Perlombaan Balap Ketinting, Semarakkan Peringatan Hari Nelayan Nasional 2023

Bupati Wempi Buka Perlombaan Balap Ketinting, Semarakkan Peringatan Hari Nelayan Nasional 2023

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa membuka secara resmi Perlombaan Balap Ketinting dalam rangka memperingati Hari Nelayan Nasional 2023 yang berlangsung di Desa Wisata Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara, pada Sabtu (6/5/2023).

Lomba yang digelar oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Malinau bekerja sama dengan Komunitas Balap Ketinting Malinau ini diikuti 106 peserta dari berbagai kategori.

Perlombaan ini dilaksanakan mulai tanggal 6-7 Mei 2023 dan ramaikan oleh para peserta dari sejumlah Desa di Kabupaten Malinau.

Dalam sambutannya, Bupati Wempi mengatakan, bahwa Peringatan Hari Nelayan Nasional 2023 ini berkaitan dengan kondisi geografis di Indonesia yang merupakan salah satu negara kepulauan dengan potensi perikanan yang luar biasa besar. Baik potensi ikan laut maupun sungai yang juga tersebar di wilayah Kabupaten Malinau.

“Tujuan peringatan Hari Nelayan Nasional tidak hanya sebatas seremonial semata melainkan untuk mengapresiasi jasa para Nelayan dalam negeri. Saya yakin kita semua sepakat bahwa nelayan sangat berjasa dalam menyalurkan sumber daya perairan untuk bisa dinikmati masyarakat,” ucapnya.

Produk hasil laut dan air tawar, kata Wempi, seperti ikan merupakan komponen penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi masyarakat Indonesia.

“Mari kita sedikit melihat perjuangan nelayan yang sangat bermanfaat bagi kita. Mungkin saja selama ini kita lupa akan peran para nelayan tradisional kita, maka bisa kita bayangkan jika tidak ada nelayan akan ada suatu yang urgent dalam aspek pemenuhan gizi dan pertumbuhan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Wempi pun berharap Lomba Balap Ketinting ini dapat lebih berkembang lagi untuk memperkaya nilai-nilai Seni dan Budaya.

“Kita berharap Kormi Malinau dan seluruh Komunitas yang ada dapat terus mengembangkan olahraga rekreasi masyarakat di Malinau. Lalu untuk para peserta lomba saya minta agar selama masa perlombaan tetap menjaga keselamatan dan patuhi setiap peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia,” pungkasnya.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved