Home Kaltara Bupati Wempi Hadiri Parade Perempuan Berkebaya Peringatan Hari Kartini 2023

Bupati Wempi Hadiri Parade Perempuan Berkebaya Peringatan Hari Kartini 2023

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Hari Lahir Kartini dimaknai secara spesial oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Malinau. Untuk itu, organisasi yang dipimpin oleh Ny. Rostinawati Ernes tersebut menggelar Parade Perempuan Berkebaya sebagai wujud memaknai pahlawan emansipasi wanita Indonesia itu.

Kegiatan yang dimulai dari depan Stadion Utama Malinau sampai Panggung Padan Liu Burung, pada Sabtu (6/5/2023) pagi tersebut diikuti ratusan Ibu-ibu peserta lintas Gabungan Organisasi Wanita Malinau dan turut dimeriahkan oleh penampilan Marching Band dari Satuan Yonif 614 Raja Pandhita.

Dalam kesempatannya, Bupati Wempi menyampaikan bahwa kesetaraan gender bukan hanya tentang perjuangan perempuan, namun bagaimana menempatkan posisi wanita dan laki-laki setara. Agar bisa setara maka perempuan membutuhkan penguatan karakter sehingga bisa bersaing.

Untuk mendukung hal tersebut maka penguatan pendidikan dan keterampilan sangatlah penting, karena dengan itu perempuan dapat bersaing di era disrupsi tanpa meninggalkan kodrat sebagai figur seorang istri sekaligus ibu.

Oleh karena itu, kegiatan hari ini diharapkan agar membentuk wanita untuk bisa bergerak dinamis dengan menyertakan semangat Kartini di dalamnya.

“Dengan kegiatan ini seluruh anggota GOW Malinau diharapkan mampu menguatkan dirinya menjadi perempuan seutuhnya baik dalam keluarga maupun menjadi pengaruh positif dalam lingkungan sekitarnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, peran seorang Kartini bagi kaum wanita sangat luar biasa.”Hari ini dalam kegiatan Parade Perempuan Berkebaya para Kaum Wanita telah menunjukkannya dengan memberi dukungan kepada bangsa dan negara bahkan daerah, karena dengan bangganya menggunakan bermacam-macam atribut khas daerah yang sangat luar biasa. Batik-batik khas Malinau yang dikenakan pasti datangnya dari para pengrajin lokal Malinau,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Bupati Wempi pun memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kaum Kartini. Karena Kabupaten Malinau untuk menuju daerah yang Mandiri, Maju, Damai dan Sejahtera tidak terlepas dari peran dan kontribusi besar kaum wanita (Kartini) khususnya di Kabupaten Malinau.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved