Home Kaltara Hadapi Dunia Kerja, Bupati Wempi Minta Generasi Milenial Terus Tingkatkan Skill & Keterampilan

Hadapi Dunia Kerja, Bupati Wempi Minta Generasi Milenial Terus Tingkatkan Skill & Keterampilan

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa meminta kepada generasi milenial utamanya di Kabupaten Malinau untuk terus meningkatkan keterampilannya agar mampu bersaing di dunia kerja.

“Paculah kemampuan setingi-tingginya untuk penguasaan teknologi, kompetensi kerja, dan sering melakukan kolaborasi positif, sehingga dapat memenangkan peluang persaingan dunia kerja yang ada,” ujar Wempi.

Bupati Wempi didampingi Wakil Bupati Bung Jakaria yang juga ketua FKWT menyampaikan hal itu saat menghadiri kegiatan Silaturahmi & Halal Bihalal Forum Komunikasi Warga Tidung (FKWT) Malinau, di Gedung BPU Malinau Kota usai diwawancarai awak media, pada Selasa (23/5/2023).

Dalam kesempatannya, Wempi juga mengemukakan, bahwa para Milenial Malinau harus terus mempersiapkan diri. Ia menilai milenial itu adalah sebuah generasi yang cepat dalam segala hal, baik itu melihat peluang, membaca dan bahkan mengolah suatu informasi.

Kaum milenial sebagian besar pasti sangat terampil dan sudah tidak asing lagi dengan perkembangan teknologi maupun dunia digital. “Oleh sebab itu, saya berkewajiban untuk menyampaikan terkait kebutuhan yang sedang maupun yang akan datang bagi perkembangan pembangunan Malinau kedepan. Termasuk mempersiapkannya dengan Visi-misi dan program Inovasi daerah, khususnya program Desa Sarjana, Milenial Mandiri, dan Wajib Belajar Malinau Maju (WM Maju),” jelasnya.

Tidak terlepas juga menceritakan, kata Wempi, terhadap adanya kebijakan-kebijakan baru yang terjadi terutama dalam pengaruh arus urbanisasi. Membuat persaingan di dunia kerja semakin kompetitif dan ketat.

Menurutnya, inovasi teknologi dan bisnis baru bersama-sama dengan perubahan preferensi konsumen akan terus berlanjut mengubah produksi global. Hal itu akan berdampak pada pasar tenaga kerja dan jenis keterampilan yang dibutuhkan oleh industri maupun perusahaan.

“Oleh karena itu, generasi millenial harus menguasai teknologi mengingat digitalisasi ekonomi memerlukan keahlian yang berbeda dengan era sebelumnya,” ujarnya.

Hal inilah yang harus dipetakan, dimana kita dapat melihat peluang dan kesempatan tersebut.

“Saya ingin generasi muda Malinau bukan hanya menjadi penonton di tanahnya sendiri, yang berhasil itu adalah mereka yang bisa melihat dan mempersiapkan masa depannya jauh kedepan,” tegasnya.

Dorongan-dorongan inilah yang selalu ia sampaikan kepada para anak muda yang notabene merupakan generasi penerus bangsa dan daerah. “Bagaimana mungkin daerah ini akan dipimpin oleh generasinya sendiri, jika tidak dipersiapkan sejak awal dengan baik,” pungkasnya.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved