Home Kaltara Pimpin Rapat Verifikasi KLA, Asisten I Tekankan Koordinasi dan Komitmen Seluruh Jajaran

Pimpin Rapat Verifikasi KLA, Asisten I Tekankan Koordinasi dan Komitmen Seluruh Jajaran

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa yang diwakili Asisten I Pemkab Malinau, H. Kamran Daik memimpin langsung rapat persiapan menghadapi Verifikasi Lapangan KLA secara Hybrid oleh Tim KLA Pusat dalam rangka penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2023.

Rapat tersebut diselenggarakan di ruang Rapat Intulun, Kantor Pemda Malinau, Pada Jum’at (26/5/2023) dan diikuti oleh semua pejabat terkait di lingkungan Pemkab Malinau.

H. Kamran Daik, Asisten I Pemkab Malinau dalam kesempatannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah Malinau sangat berkomitmen dengan berbagai upaya dalam mewujudkan KLA sebagai sistem Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus bagi Anak yang melibatkan seluruh Perangkat Daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat, Media maupun Dunia Usaha.

Berbagai upaya yang telah dilakukan salah satunya dengan membentuk Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Malinau serta dengan berbagai inovasi-inovasi dalam mendukung program KLA di Bumi Intimung.

Menyampaikan arahan Bupati Malinau, Kamran menekankan pentingnya koordinasi yang kuat antar semua perangkat daerah dan stakeholder vertikal lainnya terutama agar dapat menguasai dan memahami apa yang menjadi komitmen dalam mewujudkan Malinau sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Tanggal 31 Mei ada penilaian KLA, apapun kegiatannya adalah tanggung jawab bersama yaitu seluruh jajaran pejabat yang ada di Malinau, jadi bukan satu pihak atau satu dinas saja,” terang Kamran.

Ia juga menambahkan, dengan terciptanya koordinasi dan kerjasama yang kuat di mulai saat ini, maka kedepan segala macam masalah terkait hak-hak anak dan tumbuh kembang anak di Kabupaten Malinau makin terjaga, terpantau, sehingga anak Malinau kedepan menjadi anak yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia.

“Karna pembangunan dan kemajuan suatu daerah itu bukan dilihat hanya dari infrastruktur yang bagus dan lainnya, tapi ada aspek yang lebih penting yaitu maju nya generasi atau SDM yang telah dipersiapkan sedini mungkin dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Sosial (DP3AS) Malinau, Lawing Liban yang dikonfirmasi usai kegiatan mengatakan, beberapa hari kedepan merupakan kesempatan bagi Tim Gugus Tugas KLA untuk melengkapi beberapa kekurangan data yang diperlukan sebelum verifikasi lapangan dilakukan.

“Saya harap semua kluster yang menangani data-data ini agar masing-masing OPD lebih proaktif. Hal itu agar bukan hanya menyelesaikan masalah nilainya, namun tujuan dari program pembangunan ini harus terlaksana dengan baik” ucapnya.

Selain itu, nilai evaluasi mandiri dari data yang diupload pada aplikasi penilaian KLA, Malinau mendapat poin sebesar 550, kemudian menjadi 482 poin setelah verifikasi lapangan oleh Tim KLA Provinsi.

Sedangkan untuk memperoleh predikat KLA dengan kategori pratama diperlukan poin sebanyak 500-600 poin.

Maka perlu kerja keras dan kerjasama dari berbagai pihak terkait untuk dapat memperoleh predikat poin agar Malinau dapat menjadi Kabupaten Layak Anak.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00