Home Kaltara Potensi Curah Hujan Tinggi, Bupati Wempi Imbau Warga Tetap Waspada Bencana Banjir

Potensi Curah Hujan Tinggi, Bupati Wempi Imbau Warga Tetap Waspada Bencana Banjir

by swarakaltara

 

 

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Malinau untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir ini.

Wempi menjelaskan, sikap waspada sangat penting untuk mengetahui kemungkinan potensi bencana alam yang akan terjadi di sekitar tempat tinggal masyarakat.

“Bapak, Ibu dan masyarakat Kabupaten Malinau yang kami cintai, saya Bupati Malinau menghimbau kepada seluruh warga masyarakat secara khusus yang berada di bantaran Sungai Malinau, Mentarang, Tubu dan Sesayap maupun Sungai Sembuak Warod serta Bengalun untuk selalu waspada dan berhati-hati. Mengingat beberapa hari ini curah hujan tinggi mengakibatkan bencana banjir,” ucap Bupati Wempi dalam imbauannya, pada Senin (22/5/2023).

Oleh sebab itu, tambahnya, mari semua masyarakat utamanya yang terdampak bencana banjir untuk menjaga keselamatan bersama termasuk orang-orang terdekat.

“Tetap waspada dan jaga keselamatan orang-orang terdekat kita termasuk harta benda dan barang-barang berharga lainnya, agar kita tetap terhindar dari segala bencana. Tetap semangat, kita sama-sama berdoa agar suasana (banjir) ini segera berlalu,” imbuhnya.

Instruksi itu juga diberikan melalui jajaran Kepala OPD Terkait, para Camat, Kepala Desa hingga para Ketua RT. Apalagi mereka yang tinggal di daerah rawan banjir.

Kondisi banjir, kata Wempi, menurutnya biasa terjadi saat hujan deras dengan intensitas tinggi di wilayah hulu sungai, sehingga menyebabkan air sungai meluap ke permukiman warga, lantaran tidak bisa menampung debit air tinggi.

Untuk itu, kecepatan laporan dari jajaran Camat, Kades, dan Ketua RT saat kondisi banjir sangat berperan penting, agar Pemkab Malinau bisa cepat melakukan penanganan dan memberikan bantuan logistik bila diperlukan pada masyarakat yang terdampak banjir.

Sebelumnya, diketahui sejumlah permukiman warga di wilayah Malinau tergenang banjir akibat luapan air Sungai Malinau dan Sesayap.

Banjir pun sudah menggenangi sejumlah ruas akses jalan dan pemukiman warga di wilayah perkotaan.

Wilayah yang terdampak diantaranya, beberapa desa di Kecamatan Malinau Kota, Malinau Utara, Malinau Barat hingga Mentarang.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

Postingan Terbaru

DPC Partai Demokrat Malinau Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Tahun 2024 Buka Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2025, Bupati Harap Menjadi Keputusan Bersama Jangka Panjang Bupati Malinau Pimpin Rapat Intimung Tahun 2024 Wabup Jakaria Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Kayan 2024 Jelang Idul Fitri Bupati Malinau Serahkan 461 SK PPPK Formasi Tahun 2023 Sekda Ernes Silvanus Hadiri Sertijab Ketua TP PKK Kecamatan Serta Pengukuhan Bunda Paud & Bunda Literasi © 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved