Bupati Wempi Tinjau & Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Wilayah 2 RT Malinau Kota

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Musibah kebakaran yang melanda warga RT. 04 dan RT 05 Kecamatan Malinau Kota, pada Kamis (8/6) dini hari tadi mengundang keprihatinan Bupati Malinau, Wempi W Mawa.

Bupati Wempi meninjau pasca kebakaran yang menghanguskan 11 unit rumah dan pertokoan milik warga tersebut.

Pada siang tadi, sekitar pukul 13.15 Wita Bupati Wempi W Mawa bersama Wabup Jakaria dan Sekda Ernes Silvanus serta jajaran OPD Terkait telah meninjau dan menyerahkan langsung bantuan kepada para korban kebakaran.

Dalam kesempatannya, Bupati Wempi menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Malinau ia sangat prihatin atas musibah kebakaran tersebut. Maka sebagai bentuk kepedulian dari Pemda Malinau bersama jajaran OPD terkait memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah.

“Kita hari ini meninjau korban kebakaran untuk melihat dampak dan lebih dekat dengan korban. Kita juga memotivasi serta memberikan sejumlah bantuan dengan harapan dapat mengurangi beban masyarakat yang sedang tertimpa musibah,” ucapnya.

Sementara itu, terkait penanganan pasca peristiwa kebakaran, Bupati Wempi telah menginstruksikan kepada pejabat dan jajaran OPD Terkait untuk melakukan inventarisasi kerugian dan pendataan untuk pembangunan rumah kembali warga yang terdampak musibah kebakaran.

Sebelumnya, musibah kebakaran kembali terjadi di wilayah Malinau Kota. Api melalap 9 Ruko dan 2 Bangunan milik warga di wilayah pemukiman padat penduduk.

Menurut informasi yang dihimpun, kebakaran telah menghanguskan sejumlah rumah dan toko milik warga di Jalan Panembahan, RT 5 Desa Malinau Kota tepat didepan Kantor BNI Cabang Malinau, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, pada Kamis (8/6/2023) dini hari tadi.

Berdasarkan keterangan warga, kebakaran terjadi sekira pukul 01:20 Wita dini hari, saat sebagian besar warga tengah terlelap.

Pihak Kecamatan Malinau Kota mendata, total rumah atau ruko yang terbakar dan terdampak kebakaran ada 9 unit.

“Sebagian hunian yang terbakar merupakan ruko atau rumah toko. Kita telah menginventarisir jumlah hunian terdampak, namun ternyata masih terdapat 2 hunian warga di bagian belakang yang juga ikut terdampak,” ucap Muhammad Yusuf, Camat Malinau Kota.

Ia memperkirakan kerugian akibat musibah kebakaran ini mencapai hingga miliaran rupiah.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian materil ditaksir mencapai miliaran rupiah,” imbuhnya.

Dalam peristiwa itu, diketahui sejumlah petugas gabungan pun dikerahkan untuk menjinakkan api.

Reporter ; Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *