Diduga Gelapkan Dana PIP, Komite Sekolah : Saran Saya Orang Tua Tempuh Jalur Hukum

NIAS UTARA, SWARAKALTARA.COM – Terkait pemberitaan di beberapa media baru-baru ini tentang Dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga di Selewengkan oleh Adilman Zai Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lahewa Timur Kabupaten Nias Utara Provinsi Sumut, sejumlah elemen masyarakat menyayangkan hal tersebut, salah satu diantaranya Ketua Komite SMA Negeri 1 Lahewa Timur.

Sangat disayangkan dana PIP tahun 2018 yang seharusnya sudah diterima siswa/i SMA N 1 Lahewa Timur tidak bisa mereka gunakan untuk membantu kekurangan orang tua mereka yang, hingga kini belum ada kejelasan dari Kepala sekolah SMA N 1 Lahewa Timur, padahal tujuan Pemerintah Pusat meluncurkan dana PIP dimaksud agar orang tua terbantu dalam membiayai sekolah anak-anak mereka. Ucap Ketua Komite SMA Negeri 1 Lahewa Timur, MARISON Zalukhu kepada Wartawan di kediamannya, Selasa (26/02).

Marison Zalukhu mengatakan seyogianya dana PIP tahun 2018 yang diperuntukkan kepada siswa/i SMA N 1 Lahewa Timur sudah mereka terima, saya yakin dana tersebut sudah ditarik Kepala Sekolah di BNI Gunungsitoli sebab surat kuasa penarikan sudah ditandatangani oleh seluruh orang tua siswa penerima dana PIP pada bulan Mei 2018 yang lalu, bebernya.

Saya selaku ketua komite sekolah lanjut Marison, sangat terbatas untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kepala sekolah, baik melalui telpon maupun menemuinya di sekolah, “nomor telpon selulernya selalu tidak aktif dan berganti-ganti nomor, beberapa bulan terakhir ini Kepala sekolah juga jarang masuk kesekolah sehingga sulit untuk komunikasi terkait permasalahan ini”, terangnya.

Atas nama Ketua Komite SMA N 1 Lahewa Timur mewakili orangtua siswa seandainya hal ini benar, saya minta kepada Kepala Sekolah supaya secepatnya membayarkan dana PIP yang memang sepenuhnya hak siswa. Entah benar tidaknya, ada juga informasi di SMA N 1 Lahewa Timur Pengadaan buku dari dana Bos disebut-sebut bermasalah, namun persoalan ini sangat terbatas kita melakukan tindakan karena SMA sudah merupakan tanggung jawab Propinsi Sumut, ungkapnya.

Terkait permasalahan ini, diminta kepada pihak Kacabdisdik Propinsi UPTD Nias dan pihak terkait agar melakukan monitoring dan meproses Kepala Sekolah demi kelancaran proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Lahewa Timur, apa bila Dana PIP benar sudah ditarik Kepala Sekolah dari Bank namun tidak memberikan kepada siswa penerima manfaat, saya sarankan supaya orangtua siswa menempuh jalur Hukum karena terindikasi kepala sekolah sengaja menggelapkan dana tersebut, tegas Ketua Komite itu. (F. Lahagu)

  • swarakaltara

    swarakaltara.com portal media online kaltara

    Related Posts

    Ciptakan Lingkungan Ramah Anak, Wabup Jakaria : Upaya Penurunan Angka Stunting di Malinau

    MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Upaya Pemerintah Daerah Malinau dalam capaian penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak (KLA) terus dilakukan hingga saat ini. Salah satu upaya tersebut yakni mengatasi masalah kesehatan. Stunting merupakan salah…

    Pemkab Malinau Gelar Rapat Koordinasi, Jelang Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Terpilih

    MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Malinau pada Pilkada tahun 2020, Wempi W. Mawa -Jakaria akan dilantik pada Senin (26/4/2021) mendatang. Pelantikan di wacanakan akan digelar…

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Mungkin Kamu Melewatkan

    Jalin Silaturahmi, Seluruh Lapisan Masyarakat Hadiri Halal Bihalal Pemkab Malinau

    Jalin Silaturahmi, Seluruh Lapisan Masyarakat Hadiri Halal Bihalal Pemkab Malinau

    Bupati Wempi Lepas 52 Calon Jemaah Haji Malinau Menuju Tanah Suci

    Bupati Wempi Lepas 52 Calon Jemaah Haji Malinau Menuju Tanah Suci

    Terbang ke AS AHY Penuhi undangan Bank Dunia

    Terbang ke AS AHY Penuhi undangan Bank Dunia

    Masyarakat Adat Suku Dayak Tenggalan Malinau Usulkan Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

    Masyarakat Adat Suku Dayak Tenggalan Malinau Usulkan Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

    Apresiasi Kegiatan GOW, Bupati Harap Perempuan Malinau Semakin Inspiratif, Kreatif dan Inovatif

    Apresiasi Kegiatan GOW, Bupati Harap Perempuan Malinau Semakin Inspiratif, Kreatif dan Inovatif

    Kepungan Debu Di Area Tambang Sepanjang Pesisir Pantai  Palu Donggala. Jatam Dan Walhi Sulteng Desak Pemerintah Untuk Mengevaluasi Kegiatan Tambang Pasir Dan Batuan

    Kepungan Debu  Di Area Tambang Sepanjang Pesisir Pantai  Palu Donggala. Jatam Dan Walhi Sulteng Desak Pemerintah Untuk Mengevaluasi Kegiatan Tambang Pasir Dan Batuan