Home Kaltara Buka Pelatihan Koperasi, Wabup Jakaria : Strategi Bisnis Koperasi Perlu Terus Berkembang

Buka Pelatihan Koperasi, Wabup Jakaria : Strategi Bisnis Koperasi Perlu Terus Berkembang

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Wakil Bupati Malinau, Jakaria telah membuka secara resmi Pelatihan Koperasi yang dilaksanakan di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau.

Pada kesempatannya, Wabup Jakaria menyampaikan, bahwa melalui pelatihan ini semoga peserta dapat mengasah kemampuan menganalisis laporan keuangan sehingga dapat diambil keputusan yang lebih baik untuk kemajuan koperasi.

Lebih lanjut, strategi bisnis koperasi perlu terus berkembang agar tetap relevan dan berdaya saing.

Karena itu melalui pelatihan ini diharapkan peserta mampu merancang model kemitrausahaan yang efektif guna meningkatkan daya saing dan bisnis koperasi di sektor real.

“Pelatihan ini diharapkan dapat membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan program digitalisasi guna meningkatkan manajemen koperasi secara modern,” ucapnya, pada Rabu (15/11/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Malinau Yuli Triana menjelaskan, bahwa tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk memberikan motivasi, semangat dalam meningkatkan SDM perkoperasian yang ada di Malinau agar koperasi dapat terus eksis.

Selanjutnya meningkatkan mutu, kualitas serta mampu berpartisipasi dalam pengembangan dan peningkatan perekonomian di Kabupaten Malinau.

“Diharapkan dengan pelatihan ini nantinya akan memberi kontribusi positif dalam pengembangan kewirausahaan di Kabupaten Malinau,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan dimulai hari ini 14 s/d 16 November 2023 dimana pelatihan dibagi kedalam 3 kelas.

Peserta pelatihan berjumlah 150 orang terdiri dari pengawas, pengurus dan anggota koperasi. Tapi yang hadir pada pembukaan ini masih sekitar 25%.

“Jadi kami harap bapak, ibu bisa menghubungi rekan-rekannya untuk bisa hadir karena ini bukan serimonial semata tetapi untuk untuk meningkatkan SDM pengurus, pengawas serta anggota koperasi,” jelasnya.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini yaitu penyusunan laporan keuangan koperasi, pengembangan bisnis dan usaha, model kemitraan usaha untuk meningkatkan bisnis koperasi sektor real dan program digitalisasi koperasi untuk meningkatkan manajemen berbasis modern.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved