Home Kaltara Teken Perjanjian Kerjasama Dengan ITCC, Bupati Wempi : Peluang Untuk Anak-anak Malinau Kuliah di China & Taiwan

Teken Perjanjian Kerjasama Dengan ITCC, Bupati Wempi : Peluang Untuk Anak-anak Malinau Kuliah di China & Taiwan

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W. Mawa menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan ITCC (Indonesia Tionghoa Culture Center) pada Jum’at (7/72023) yang bertempat di Gedung Graha Pena – Jawa Pos, Kota Surabaya Jawa Timur.

Turut mendampingi Bupati Wempi pada acara tersebut diantaranya Ping Ding, Ketua DPRD Malinau, Jakaria, Wakil Bupati Malinau, Ernes Silvanus, Sekretaris Daerah Malinau, Marson R. Langub, Asisten 3 Pemkab Malinau dan M. Fiteriady, Kepala Dinas PMD Malinau.

Dalam arahannya, Bupati Wempi mengharapkan dengan MoU antara kedua belah pihak, anak-anak Malinau dapat difasilitasi untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang Strata ke China ataupun Taiwan, sesuai dengan kebutuhan disiplin ilmu yang dibutuhkan oleh daerah.

“Kita memang terus berupaya membuka peluang dan mengarahkan anak-anak Malinau untuk bisa menguasai berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan agar kelak Malinau mempunyai generasi yang siap bersaing dan mampu berdikari didaerahnya sendiri” ujar Bupati Wempi menegaskan.

MoU antara Pemda Malinau dengan ITCC yang juga memfasilitasi Program Desa Sarjana untuk mewujudkan ketersediaan SDM (Sumber Daya Manusia) unggul desa, agar potensi di desa dapat dimaksimalkan bagi peningkatan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakatnya, sekaligus mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di desa.

Bupati Wempi juga menegaskan bahwa Program Desa Sarjana tidak membatasi pada kebutuhan SDM desa saja, melalui program Desa Sarjana, Pemerintah Daerah akan menyiapkan generasi terdidik dan berpengetahuan serta memiliki keterampilan yang dibutuhkan daerah untuk kedepannya.

“Kita juga menyiapkan tenaga-tenaga teknis, yang secara spesifik mumpuni untuk memenuhi tenaga-tenaga terampil pada proyek-proyek pembangunan yang ada di Malinau maupun di Kaltara” tambahnya.

Pada kegiatan MoU tersebut, Bupati Malinau juga berkesempatan bertemu dengan calon Mahasiswa dari Kabupaten Malinau yang akan diberangkatkan ke China, dan pada saat ini sedang mengikuti pembekalan Bahasa Mandarin di ITCC.

Para calon mahasiswa tersebut menjalani pembelajaran bahasa Mandarin untuk persiapan mengikuti pendidikan diberbagai jurusan pada beberapa kampus di China.

Salah satu calon Mahasiswa, Cintana, asal Desa Lubak Manis, Kecamatan Malinau Utara, yang juga menjadi peserta Program Desa Sarjana Tahun 2023, mengatakan sangat bersyukur karena diberikan peluang belajar keluar negeri.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemda Malinau karena dengan ada Program Desa Sarjana, yang membuka ruang yang luas bagi generasi Malinau untuk meneruskan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Saya ambil jurusan Kedokteran, sesuai dengan kebutuhan desa, dan saya sudah terdaftar pada salah satu kampus di China. Sekarang saya sedang dibekali bahasa Inggris dan Mandarin di ITCC” ujar Cintana.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved